Salah pastikan kemenangan mesir atas Tunisia

id salah

Mohamed Salah (Foto Antara/dok)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Mohamed Salah menc '. gol penentu kemenangan ketika Mesir bangkit dari ketinggalan untuk mengakhiri rekor 100 persen Tunisia di kualifikasi Piala Afrika dengan kemenangan 3-2 di Alexandria, Mesir, pada Sabtu dini hari WIB.

Seperti dilansir laman resmi konfederasi sepak bola Afrika (CAF), Maroko menang 2-0 atas Kamerun di Casablanca dan sekarang hanya berjarak satu poin dari putaran final tahun depan, sedangkan negara kecil Burundi semakin dekat untuk lolos ke putaran final untuk pertama kalinya berkat kemenangan 5-2 atas tuan rumah Sudan Selatan.

Mesir dan Tunisia telah mengamankan tiket mereka ke putaran final dengan mengunci dua peringkat teratas di Grup J, namun pertandingan mereka tetap berlangsung panas setelah klub Tunisia Esperance mengalahkan klub Kairo Al Ahly dalam final Liga Champions Afrika.

Naim Sliti mengemas gol pembukaan untuk Tunisia pada menit ke-13, namun Mesir mampu menyamakan kedudukan setelah Mahmoud "Trezeguet" Hassan mencetak gol balasan melalui tembakan yang terdefleksi.

Baher El Mohamady membawa Mesir memimpin melalui sundulan kepalanya pada menit ke-59, namun bek Ahmed Hegazy membawa Sliti mendapat peluang untuk membukukan gol keduanya dengan sapuan bola yang buruk 18 menit sebelum waktu normal habis.

Salah, yang tidak terlalu menonjol di laga ini, kemudian memastikan kemenangan negaranya pada menit ke-90 dengan sepakan cungkil yang melewati kiper setelah permainan operan cepat.

Tunisia tetap memuncaki klasemen grup mereka berkat keunggulan head-to-head di mana kedua negara itu memiliki 12 poin dari lima pertandingan. Mesir sekarang telah empat kali memenangi pertandingan sejak Piala Dunia di Rusia, di bawah asuhan pelatih baru Javier Aguirre.

Trigol dari Abdul Razak Fiston menginspirasi Burundi untuk meraih kemenangan atas Sudan Selatan di Juba dan memuncaki klasemen Grup C dengan sembilan poin dari lima pertandingan.

Mali, dengan delapan poin, dan Gabon, dengan tujuh poin, akan bertemu di Libreville pada Sabtu.

Burundi, yang mendapat kekuatan pada beberapa pertandingan terakhir setelah Saido Berahino memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya dari Inggris, akan memerlukan hasil positif saat melawan Gabon dalam pertandingan kualifikasi terakhir mereka pada Maret, untuk memastikan finis di dua besar klasemen grup dan mengamankan tiket ke putaran final di Kamerun.

Berahino dan Cedric Hamissi mencetak gol-gol lain untuk Burundi, sedangkan Atak Lual dan Dominic Aboy Koni mencetak gol-gol perdana Sudan Selatan pada perjalanan di kualifikasi, meski mereka masih belum mampu mengumpulkan poin.

Pemain Maroko Hakim Ziyech mencetak gol penalti pada menit ke-54, dan melalui tembakan dari luar kotak penalti 12 menit kemudian untuk memastikan kemenangan timnya atas Kamerun di Casablanca.

Kamerun memainkan pertandingan-pertandingan penyisihan meski telah lolos ke turnamen itu sebagai tuan rumah.

Pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Afrika akan diteruskan pada Sabtu dan Minggu, di mana sejumlah negara siap bergabung dengan Kamerun, Mesir, Madagascar, Senegal dan Tunisia dalam susunan tim yang telah dipastikan lolos.

 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar