Libatkan ratusan warga, Bupati Poso pimpin aksi bersih Sungai Poso

id poso,sungai poso,bupati

Libatkan ratusan warga, Bupati Poso pimpin aksi bersih Sungai Poso

Bupati Poso Darmin A. Sigilipu memberikan sambutan sebelum memimpin langsung aksi bersih Sungai Poso, di Tentena, Selasa (11/12) (Antaranews Sulteng/Feri)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memimpin langsung aksi membersihkan Sungai Poso pada Selasa (11/12.

Aksi itu merupakan kerja sama tiga elemen secara bersinergi yakni elemen Front Pecinta Alam Peduli Lingkungan se-Kota Tentena, PT.Poso Energy dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. 

Aksi bersih sungai ini diawali dengan senam bersama yang bertempat di Taman Kota Tentena diikuti oleh ratusan orang tua dan muda serta anak-anak sekolah serta unsur tripika Kecamatan Pamona Puselemba bersama Ketua Umum Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th. 

Adapun peserta aksi bersih sungai itu sebanyak 537 orang yang terbagi menjadi 86 tim, terdiri atas 10 tim bertugas di badan sungai dan 76 tim bertugas di bantaran sungai yang dimulai pukul 06.00 wita dan berakhir pada pukul 17.00 wita.

Rangkaian kegiatan itu dibagi dalam empat titik meeting point yakni di sekitar bantaran sungai dengan menekankan “Safety First” atau keselamatan yang harus diutamakan oleh para peserta. 

Aksi itu merupakan langkah awal edukasi kepada masyarakat yang beraktivitas di seputaran sungai baik itu di bantaran sungai maupun di badan air untuk mulai meninggalkan perilaku membuang sampah ke sungai.

Output yang diharapkan lewat kegiatan itu adalah perubahan perilaku masyarakat dalam memperlakukan sungai untuk kejernihan sungai yang mengalir secara lestari dan juga sebagai langkah awal untuk kegiatan pengelolaan lingkungan dalam menjaga kualitas dan kuantitas air sungai. 

Bupati Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengatakan aksi kepedulian ini merupakan langkah cerdas untuk menjaga kelestarian sungai dari pencemaran sampah dan juga limbah lainnya, serta bisa menjadi inspirasi bagi warga masyarakat sekitar sungai untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
 
Bupati Poso Darmin A. Sigilipu saat berada di atas speedboat untuk memimpin langsung aksi bersih Sungai Poso, di Tentena, Selasa (11/12) (Antaranews Sulteng/Feri) (Antaranews Sulteng/Feri)

Khususnya di Sungai Poso, membuang sampah bisa mengakibatkan kerusakan biota dan ekosistem kehidupan air tawar di sungai Poso. 

"Dengan mengangkat tema 'Sungai Bukan Tempat Sampah' diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan yang dilakukan apabila membuang sampah di sungai," tutur Darmin.

Kegiatan pembersihan sungai Poso itu, selain diawasi oleh tim PT. Poso Energy baik dari segi keselamatan para peserta juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah  melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menyediakan sejumlah truk-truk pengangkut sampah yang stand by di beberapa titik untuk mengangkut kantung-kantung sampah yang berhasil dikumpulkan.
 
Manager Teknik dan Supporting PT. Poso Energy Basri Djalal mengatakan aksi ini merupakan upaya dini dalam mengantisipasi semakin terabaikannya Sungai Poso dari perhatian akan sejumlah sampah domestik yang bersumber dari aktivitas di sekitar badan sungai.

Kegiatan bersih sungai ini juga diramaikan dengan pengundian doorprize dengan hadiah utama berupa sepeda serta hadiah hiburan lainnya yakni handphone, peralatan elektronik perlengkapan rumah tangga, TV dan sejumlah hadiah lainnya.
 
Kampanye antipembuangan sampah ke Sungai Poso di Jembatan Puselemba, Tentena (Antaranews Sulteng/Feri)