Mobil rumah pintar pemilu KPU Donggala ditargetkan minimalisir golput

id KPU Donggala,Kpu,Donggala,Golput

Komisioner KPU Sulteng Bidang Partisipasi Pemilih Sahran Raden melepas secara resmi pengoperasiaj mobil rumah pintar pemilu KPU Donggala di halaman Kantor KPU Donggala, Jumat (29/3). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala menggelar audiensi rumah pintar pemilu yang dirangkaikan peluncuran mobil rumah pintar pemilu, Jumat (29/3).

Komisioner KPU Donggala Divisi Sosialisasi Yudhi Riandy mengatakan kehadiran mobil rumah pintar pemilu ditujukan sebagai sarana pendidikan pemilu terutama untuk meminimalisir angka golput di kalangan pemilih dari berbagai kalangan maupun usia.

"Di dalam rumah pintar pemilu tersebut tersedia berbagai informasi seputar kepemiluan mulai dari sejarah kepemiluan, produk hukum, majalah hingga prototipe logistik pemilu yang akan digunakan pada pemilu 17 April nanti," katanya saat memberi sambutan.

Di depan Komisioner KPU Sulteng Bidang Partisipasi Pemilu Sahran Raden yang melepas secara resmi kegiatan operasional mobil rumah pintar pemilu itu, dia menyebut mobil tersebut merupakan inovasi KPU Donggala dan direncanakan akan menyasar sejumlah titik perkumpulan masyarakat seperti sekolah hingga pasar.

"Ini adalah inovasi KPU Donggala dalam memaksimalkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih di sisa waktu menuju hari pencoblosan yang tinggal 18 hari lagi,"ucapnya.

KPU Donggala lanjutnya juga menyiapkan berbagai souvenir untuk menarik minat masyarakat mengikuti pendidikan pemilu melalui mobil rumah pintar pemilu seeta hadiah bagi para peserta yang mengikuti kuis yang diadakan.

Dia berharap dengan adanya mobil rumah pintar pemilu itu dapat berdampak signifikan terhadap partisipasi pemilih pada pemilu nanti meski banyak pemilih yang menjadi korban gempa dan tsunami 28 Septembwer 2018 lalu yang kini masih tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Sementara itu Komisioner KPU Sulteng Bidang Pertisipasi Pemilu Sahran Raden sangat mengapresiasi terobosan KPU Donggala berupa mobil rumah pintar pemilu.

"Rumah pintar pemilu dalam bentuk mobil baru ada dua di Sulawesi Tengah yaitu di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Tojo Una-Una,"katanya di depan Wakil Bupati Donggala M Yasin yang hadir dalam kegiatan itu.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar