Arus balik melalui Pelabuhan Pantoloan naik 80 persen

id Arus balik,Palu,Pantoloan,Pelabuhan pantoloan

Arus balik melalui Pelabuhan Pantoloan naik 80 persen

Sejumlah personil gabungan Polsek KP3 Pantoloan di tangga naik kapal memastikan kelancaran penumpang arus balik lebaran melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu . (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali).

Untuk arus balik penumpang kapal Pelni di Pelabuhan Pantoloan mengalami peningkatan 80 persen
Palu (ANTARA) - Penumpang arus balik melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kenaikan mencapai 80 persen.

"Untuk arus balik penumpang kapal Pelni di Pelabuhan Pantoloan mengalami peningkatan 80 persen ," kata Kapolres Palu melalui Kapolsek KP3 Pantoloan Ipda I Ketut Sugiarta, Minggu.

I Ketut Sugiarta mengatakan kenaikan penumpang tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah penumpang yang berangkat maupun datang dari Pelabuhan Pantoloan menggunakan kapal KM Labobar sejak kemarin.

"Penumpang yang turun ada 291 orang dan yang naik mencapai 1.998 orang. Sementara penumpang lanjutan yang tetap dalam kapal ada 2.191 orang. Data sebelumnya tidak sebanyak itu," katanya.

Terkait dengan keamanan kata dia, petugas Polsek KP3 Pantoloan bersama sejumlah petugas Pol Air, perhubungan laut dan unstasi yang terkait telah disiagakan di Pelabuhan Pantoloan.

Personel gabungan itu lanjutnya tidak hanya mengamankan arus balik di pelabuhan tersebut, namun juga membantu pemudik.

"Personil yang disiagakan melaksanakan pemeriksaan barang dengan tujuan sasaran sajam, handak, miras, narkoba, serta mengawasi pelaku jambret, parkir liar, percaloan," jelasnya.

Dia menambahkan, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap penumpang maupun barang serta tiket penumpang untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan di atas kapal.

"Pada hari Sabtu (15/6) sekitar pukul 16.20 WITA Kapal KM. Labobar tiba di Pelabuhan Pantoloan dari Bitung dan selanjutnya berangkat pukul 18.45 wita menuju Balikpapan dan selama giat lancar dan aman," tandasnya.

Ketut Sugiarta mengatakan pemeriksaan atas penumpang dan barang bawaannya juga dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Feri Taipa, Kota Palu.

Baca juga: Pengamanan arus mudik di pelabuhan Pantoloan