Wali Kota Palu kirim TRCT atasi banjir di sejumlah titik

id Palu,OPD,Banjir,Wali Kota Palh,Wali Kota Palu

Wali Kota Palu kirim TRCT atasi banjir di sejumlah titik

Sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkot Palu bersama tim rescue dibantu warga berusaha mangatasi banjir di Kelurahan Duyu dengan menormalisasi saluran air di sejumlah ruas jalan di sana, Minggu(23/6) dini hari. (Humas Pemkot Palu)

Palu (ANTARA) - Setelah diguyur hujan deras sejak Sabtu(22/6) malam hingga Minggu(23/6)  dinihari menyebabkan sejumlah titik di Kota Palu terendam banjir dengan ketinggian air hingga 60 cm, di antaranya di Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga.

Wali kota Palu Hidayat langsung mengirimkan Tim Reaksi Cepat Terpadu (TRCT) yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadan Kebakaran (Damkar) dan Dinas Sosi (Dinsos) Palu dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Tatanga dibantu warga setempat berusaha menormalisasi saluran air di ruas jalan di wilayah itu, Minggu siang.

Wali kota Hidayat juga memerintahkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat untuk ikut mengatasi dampak banjir bagi warga di Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Derasnya hujan diwilayah pegunungan sisi barat Kota Palu mengakibatkan sungai kering yang berada di Jalan Gawalise kelurahan Duyu dipenuhi air hingga meluap ke pemukiman warga.

Baca juga: Wali Kota Palu fokuskan anggaran bangun sektor riil

Untuk mengatasi hal tersebut malam ini di bawah koordinasi Camat Tatanga Camat Palu Barat dan tim yang masing-masingnya dipimpin Kadis Damkar Sudaryano R Lamangkona, Plt Kasat Pol PP Nathan Pangasongan, Plt Kadis Sosial Muh.Nur Sidik, Kabid Logistik BPBD kota Bambang Sabarsyah melakukan normalisasi saluran air diwilayah tersebut,"ucap Hidayat Minggu dinihari.

Berkat kerjasama tim bersama warga, luapan air yang sebelumnya menggenangi sebagian pemukiman warga hingga setinggi 60 cm dapat diatasi dan berangsur-angsur surut.

"Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dan respon cepat kami terhadap laporan masyarakat atas kejadia tersebut,"ujarnya.

Ia mengataka Dnas Damkar Kota Palu melalui tim Rescue yang ada mengirimkan satu unit kendaraan untuk melakukan pembersihan di beberapa rumah warga yang digenangi air dan lumpur.

"Selain itu Tim BPBD Kota Palu mendirikan 2 dua unit tenda darurat sebagai langkah antisipasi guna mengevakuasi warga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Baca juga: Akibat hujan deras, puluhan rumah di Palu terendam banjir