Liverpool atasi Southampton denga skor 2-1

id liverpool,southampton,liga inggris,adrian san miguel

Penyerang Liverpool Roberto Firmino (tengah) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/REUTERS/Hannah McKay)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool sukses mengatasi tuan rumah Southampton dengan skor 2-1 dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Sabtu.

Gol Sadio Mane dan Roberto Firmino membawa Liverpool unggul dan Southampton hanya bisa menyamakan lewat Danny Ings, yang mencetak gol hasil blunder kiper Adrian San Miguel, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu untuk sementara membawa tim besutan Juergen Klopp untuk sementara ke puncak klasemen dengan koleksi enam poin dan surplus empat gol, sedangkan Southampton yang masih nirpoin berada di urutan ke-18.

Liverpool yang baru kembali dari Istanbul membawa pulang Piala Super Eropa melakukan tiga pergantian susunan pemain, yakni memasukkan Trent Alexander-Arnold di posisi bek kanan, Georginio Wijnaldum di lini tengah dan Roberto Firmino sebagai penyerang tengah.

Gelandang Alex Oxlade-Chamberlain yang hanya main satu babak melawan Chelsea kembali diberi kepercayaan oleh manajer Juergen Klopp untuk tampil sejak awal, kali ini mengisi lini tengah ketimbang sebagai sayap.

Oxlade-Chamberlain sempat berpeluang membawa Liverpool unggul ketika menerima umpan tumit Mohamed Salah, namun sayang tembakannya masih melebar dari sasaran pada menit ke-13.

Di sisi lain, lini pertahanan Liverpool terlihat sedikit kurang percaya diri dan kiper Adrian San Miguel beberapa kali melakukan antisipasi yang mengkhawatirkan.

Pun demikian, kiper yang menyandang pahlawan juara Piala Super Eropa itu tampil sigap ketika menghalau tandukan keras dan terarah dari bek Maya Yoshida dalam situasi sepak pojok pada menit ke-21.

Di tengah kekhawatiran yang masih menggelayut di lini belakang Liverpool, pertandingan babak pertama sepertinya akan berakhir dalam kedudukan imbang nirgol.

Namun, pada menit pertama masa injury time Mane tiba-tiba berhasil membawa Liverpool unggul lewat gol cantiknya ke gawang bekas klubnya sendiri.

Mane menerima bola sodoran dari James Milner di tepian kotak penalti dan segera melepaskan tembakan melengkung di tengah kawalan tiga pemain demi mengarahkan bola ke sudut tiang jauh tak terjangkau kipr Angus Gunn.

Liverpool memasuki babak kedua dengan inisiatif serangan yang lebih terkoordinasi hingga Joel Matip dilanggar di dekat kotak penalti, namun tendangan bebas yang dilepaskan Salah masih membentur pagar hidup.

Salah kembali memperoleh peluang berbahaya pada menit ke-56 ketika lolos dari jebakan offside mengejar umpan kiriman Mane hingga merangsek ke dalam kotak penalti, sayang tembakannya masih bisa dihalau Gunn dengan kakinya.

Liverpool akhirnya menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-71 setelah Firmino dengan tenang membawa bola sodoran Mane di tengah tekanan sejumlah bek lawan sebelum melepaskan tembakan mendatar yang melesak ke sudut kiri bawah gawang Southampton.

Dua peluang beruntun diperoleh tim tamu untuk memperbesar keunggulan namun sundulan Mane maupun sambaran Andy Robertson masih bisa diamankan oleh Gunn.

Baca juga: Adrian, buangan West Ham jadi pahlawan Liverpool

Tuan rumah berusaha melakukan tekanan demi menyelamatkan wajah di hadapan pendukungnya sendiri hingga pada menit ke-83 mereka sukses memaksa Adrian melakukan blunder demi memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Berawal dari situasi yang cukup aman, Virgil van Dijk melepaskan umpan balik kepada Adrian namun kiper Spanyol itu membuang waktu cukup banyak hingga Ings merangsek ke dalam kotak penalti. Ketika Adrian berusaha melepaskan umpan, bola malah mengenai kaki Ings dan masuk ke gawang Liverpool.

Momentum itu menimbulkan kekalutan di klini pertahanan Liverpool yang terus digempur oleh Southampton, namun peluang emas pada menit ke-86 dibuang begitu saja oleh Ings ketika ia gagal menemui umpan tarik Yann Valery. Liverpool sukses mengamankan tiga poin lagi ketika peluit tanda laga usai berbunyi dengan kedudukan akhir 2-1 atas Southampton.

Baca juga: Dua kemenangan awal bikin Arsenal pede songsong Liverpool


Susunan pemain:

Southampton (5-3-2): Angus Gunn; Yann Valery, Jan Bednarek, Maya Yoshida, Jannick Vestergaard, Ryan Bertrand (Moussa Djenepo); James Ward-Prowse, Oriol Romeu (Danny Ings), Pierre-Emile Hojbjerg; Che Adams (Stuart Armstrong), Nathan Redmond
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Liverpool (4-3-3): Adrian San Miguel; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Jordan Henderson), Georginio Wijnaldum, James Milner (Fabinho); Mohamed Salah (Divock Origi), Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar