Gubernur Sulteng dukung penuh peningkatan kompetensi jurnalis lewat UKW

id Pemprov Sulteng,gubernur sulteng,PWI Sulteng,PWI,UKW,wartawan

Gubernur Sulteng dukung penuh peningkatan kompetensi jurnalis lewat UKW

Karo Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng Drs Moh. Haris membacakan sambutan gubernur pada penutupan UKW angkatan Ke-6 PWI Sulteng atau Angkatan ke-432 PWI se-Indonesia di Palu, Selasa (19/11) (ANTARA/Rolex Malaha)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi mengatakan bahwa pemprov bekromitmen untuk mendukung upaya-upaya organisasi profesi kewartawanan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Wartawan yang berkompeten pasti memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan melalui karya-karya jurnalis yang berkualitas," kata gubernur dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Drs.Moh.Haris pada penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VI Tahun 2019 yang diselenggarakan PWI Cabang Sulteng dan Pemprov Sulteng di Hotel Best Western Coco Palu, Selasa.

Gubernur memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PWI yang senantiasa berjuang meningkatkan kompetensi wartawan. Tak lupa pula disampaikan ucapan terima kasih kepada media-media khususnya para peserta UKW atas terlaksananya UKW yang diikuti 18 peserta itu.

"Kegiatan ini dapat mengasah kompetensi wartawan daerah dalam pemahaman dan wawasan seorang jurnalis dalam mengelola sebuah berita secara baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik, kode etik dan hukum pers," ujarnya.

Gubernur berharap kegiatan ini dapat menjadi wahana penguatan internal bagi wartawan dan secara eksternal kegiatan ini merupakan kontribusi nyata insan pers dalam mewujudkan Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Melihat spirit para peserta mengikuti UKW, Kepala Biro Humas dan Protokol mengatakan pada Tahun Anggaran 2020 nanti, akan membuka 3 kelas UKW yakni dau kelas untuk kualifikasi jurnalis muda dan satu kelas madya.

Ketua PWI Sulteng Mahmud Mattangara mengapresiasi pemerintah provinsi yang sangat peduli dalam meningkatkan kompetensi jurnalis karena hal ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan visi misi pemerintah saat ini yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

UKW juga merupakan bagian dari upaya menjaga marwah jurnalis sebagai pekerja profesional untuk mengemban peras aktifnya sebagai pilar keempat dalam sistem demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Dari 18 orang peserta UKW, yang dinyatakan kompeten oleh tiga tim penguji utama dan tiga penguji pendamping adalah sebanyak 14 orang.

 Selama dua hari UKW berjalan, Kepala Bagian Humas, Publikasi dan Dokumentasi Biro Humas dan Protooler Adiman,SH,M.Si dan sejumlah staf tampak serius mengkuti jalannya ujian.
 
Sekretaris Komisi Kompetensi PWI Pusat Joko Tetuko, M.Si melaporkan dengan selesainya UKW di Palu ini, wartawan yang telah bersertifikat kompetensi di seluruh Indonesia saat ini berjumlah 11.498 orang, dengan kualifikasi Muda, Madya dan Utama.
 
Wagub Sulteng Rusli Dg. Pallabi diwawancarani jurnalis usai membuka UKW angkatan Ke-6 PWI Sulteng atau Angkatan ke-432 PWI se-Indonesia di Palu, Senin (18/11) (ANTARA/Rolex Malaha)