Arus Mudik Di Terminal Bus Mamboro Membludak

id mamboro

 Arus Mudik  Di Terminal Bus Mamboro Membludak

Sejumlah pemudik rute Palu-Gorontalo menata barang bawaannya ke atas bus yang akan mengangkutnya di Terminal Induk Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah, (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palu, (antarasulteng.com) - Arus mudik Lebaran di Terminal Mamboro Palu, Sulawesi Tengah pada H-2 menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah membludak, tetapi tetap berjalan lancar.

Kepala Terminal Mamboro, Irfan Yahya, Jumat, membenarkan adanya lonjakan penumpang mudik Lebaran menggunakan transportasi angkutan darat untuk semua kota tujuan di dalam maupun luar wilayah Sulteng.

Ia mengatakan rata-rata bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang diberangkatkan pada H-2 menjelang Lebaran dari Terminal Mamboro untuk kota tujuan Palu-Gorontalo-Manado dan Palu-Makassar sarat penumpang.

"Tidak ada lagi terlihat tempat duduk yang kosong. Semua kursi terisi penumpang," kata dia.

Khusus untuk pemudik antar kota provinsi, kata Irfan hari ini merupakan puncaknya.

Sementara arus mudik Lebaran tujuan kota-kota di dalam wilayah Sulteng menggunakan bis antarkota dalam provinsi (AKDP) puncaknya pada H-2 dan H-1.

Ia juga menyatakan, semua bus yang diberangkatkan baik AKAP maupun AKDP dari terminal dijamin dalam kondisi fisik yang laik jalan.

"Petugas kami tidak akan memberangkatkan jika armada angkutan mudik Lebaran dalam kondisi yang tidak laik jalan," kata Irfan.

Suasana sama juga terlihat di Terminal Tipo. Arus mudik baik tiba maupun diberangkatkan dari terminal itu tujuan Mamuju, Sulbar dan Sulsel dalam dua hari ini cukup padat.

Namun, kata Kepala Terminal Tipo, Amirudin, peningkatan arus mudik Lebaran kali ini tidak dipadat mudik Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Mungkin karena dampak dari mudik gratis yang disediakan Pemprov Sulteng dan Partai Nasdem. Kebanyakan warga yang mudik Lebaran ke kampung halaman mereka di dalam wilayah Sulteng memanfaatkan mudik gratis.

Partai Nasden memberangkatkan sekiotar 800 orang pemudik Lebaran dan Pemprov Sulteng juga memberangkatkan lebih 300an orang mudik Lebaran gratis menggunakan bis yang disediakan Dinas Perhubungan Sulteng itu. (skd)