Inilah 49 Genk Paling Ganas di Malaysia

id genk, ganas, malaysia

Inilah 49 Genk Paling Ganas di Malaysia

Petronas (REUTERS)

Kuala Lumpur (antarasulteng.com) - Kementerian Dalam Negeri Malaysia (KDN) mengidentifikasi 49 geng preman paling ganas dan berbahaya beranggotakan 40.313 orang yang terbanyak berasal dari etnis India, China dan Melayu.

Media-media lokal di Kuala Lumpur, Jumat, melaporkan, para preman ini sering terlibat dalam tindak kejahatan berat seperti pengedaran narkoba, pencurian mobil, memalak, pembunuhan dan penggunaan senjata api.

Menurut KDN, dari jumlah itu, 28.926 orang beretnis India, 8.214 China dan sisanya gangster Melayu, sedangkan geng preman paling aktif, berbahaya dan terbesar adalah Geng 04 dan Geng 08, yang dikenal ganas ketika melakukan aksi kriminalnya.  Kedua geng beretnis India itu aktif di Kedah, Johor, Negeri Sembilan, Melaka, dan beberapa daerah lainnya.

"Selain itu Geng 36 juga merupakan geng terbesar dengan anggota sebanyak 8.512 orang," kata Sekretaris KDN Datuk Seri Abdul Rahim Mohamad Radzi, seraya menyatakan geng ini beroperasi di sejumlah daerah, termasuk Selangor dan Kuala Lumpur.

Dia menyebutkan semua geng preman itu ilegal dan menyalahi undang-undang.  Pihak berwajib Malaysia memaklumatkan mereka tak bisa dikategorikan organisasi resmi sehingga semua akun, aset, dan harta mereka harus diserahkan ke Kantor Insolvensi.

Jika mereka menolak, maka akan diseret ke pengadilan dan diancam hukuman penjara lima tahun atau denda 35 ribu ringgit (Rp120 miliar).

Sementara itu, Kepala bagian Kongsi Gelap, Judi dan Maksiat Bukit Aman, Datuk Abdul Jalil Hassan mengatakan geng Tiga Line dan Geng 30 adalah pecahan dari organisasi Kebajikan dan Dakwah Islamiyah Malaysia (Pekida) yang mayoritas anggotanya etnis Melayu.

"Dengan anggota sebanyak 729 orang, mereka melakukan aksi kejahatan terkait narkoba, derek mobil, menjaga tempat parkir ilegal, dan memungut uang perlindungan," katanya.