Wali Kota Batam ingin Idul Fitri jadi momen kemenanganan atas COVID-19

id virus corona batam, covid19 batam, idul fitri batam,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Wali Kota Batam ingin Idul Fitri jadi momen kemenanganan atas COVID-19

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (Dok Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi, ingin Idul Fitri menjadi momen kemenangan warga setempat melawan pandemi COVID-19.

"Kami ingin Idul Fitri nanti benar-benar menjadi kemenangan kita melawan COVID-19. Saya mengapresiasi semua tim yang sudah bertugas," kata Wali Kota Batam dalam keterangannya di Batam, Minggu.

Ia mengucap syukur, perkembangan COVID-19 di Batam terus menunjukkan tren positif, jumlah pasien sembuh terus bertambah.

Dari 68 pasien yang dinyatakan positif COVID-19, 47 orang di antaranya dinyatakan sembuh setelah hasil dua kali swab berturut-turut, negatif.

Menurut dia, banyaknya pasien sembuh merupakan keberhasilan bersama.

"Kita semua punya peran, termasuk masyarakat yang disiplin mengikuti imbauan," kata dia.

Pria yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam itu menjabarkan dari 47 pasien sembuh, 22 di antaranya ditangani di berbagai rumah sakit rujukan setempat, dan 25 lainnya di RS Khusus Infeksi Galang.

"Sisa yang dirawat masih 14 pasien. Empat pasien di RSKI COVID-19 Galang dan 10 di RS rujukan di Batam," kata dia.

Untuk jumlah pasien yang meninggal mencapai tujuh orang, termasuk seorang anggota jamaah tabligh warga negara India.

Meski begitu, ia meminta warga tetap waspada, mematuhi aturan pemerintah untuk menjaga jarak sosial dan fisik, rutin mencuci tangan, mengenakan masker apabila harus keluar rumah dan menjaga kesehatan.

Pihaknya menugaskan semua organisasi perangkat daerah (OPD) serta camat memantau apabila ada kegiatan berkerumun di wilayah masing-masing.

"Kami gencarkan ini mulai dari pemantauan, memberikan imbauan dan sebagainya. Kami ingin masalah COVID-19 cepat selesai," kata dia.