Bupati Sigi: BLT diberikan selama tiga bulan dalam darurat COVID-19

id Bupati Sigi,Pemkab Sigi,Dana Desa,BLT Dana Desa

Bupati Sigi:  BLT diberikan selama tiga bulan dalam darurat COVID-19

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (kaos putih berkerak) memantu langsung penyaluran BLT dana desa di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sabtu (16/5/2020) ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Sulawesi Tengah Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan kepada masyarakat di daerahnya bahwa bantuan langsung tunai (BLT) dana desa diberikan hanya selama tiga bulan terhitung mulai April, Mei dan Juni, di tengah darurat virus corona jenis baru (COVID-19).

"Bantuan ini hanya sementara, yaitu hanya selama tiga bulan di tengah adanya penyebaran corona," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Sabtu.

Bupati menyampaikan hal itu sebagai bentuk penjelasan kepada masyarakat untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pernyataan itu disampaikan Mohammad Irwan Lapatta saat dirinya turun langsung memonitoring dan mengawal penyaluran BLT dana desa di Desa Kayumpia, Desa Rondingo, Desa Bolobia, Desa Porame dan Desa Balane, Kecamatan Kinovaro, Sabtu.

Monitoring itu sebagai bentuk keseriusan Bupati Sigi dalam mengawal langsung pencairan dan penyaluran BLT dana desa agar tepat sasaran.

Kepada masyarakat yang berhak menerima Mohammad Irwan Lapatta menjelaskan bahwa BLT dana desa bersumber dari APBN dan diatur langsung oleh Pemerintah Pusat lewat Kementerian Desa.

Olehnya, ia menegaskan Pemkab Sigi hanya menjalankan instruksi Pemerintah Pusat dalam hal penyaluran BLT dana desa.

Kriteria penerima BLT Dana Desa yang telah diatur oleh Kemendes-PDTT yaitu diantaranya keluarga miskin bukan penerima PKH, bukan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan tidak termasuk sebagai penerima manfaat kartu prakerja.

"Desa harus menyalurkannya dengan baik, dengan benar, agar bantuan ini tepat sasaran," sebutnya.

Bupati Sigi menguraikan di Sigi saat inj sudah 80-90 persen desa mulai melakukan penyaluran BLT dana desa. Di Kabupaten Sigi, terdapat sekitar 176 desa dengan total dana desa Tahun 2020 kurang lebih Rp149,948 miliar. Dari total anggaran tersebut rata-rata setiap desa mengalokasikan 30 persen untuk BLT dana desa.

Warga yang terdaftar dan layak untuk menerima BLT dana dDesa akan menerima bantuan senilai Rp600.000 selama tiga bulan, April, Mei dan Juni.

"Rata-rata 150 kepala keluarga di desa di Sigi telah mulai menerima BLT dana desa," ucapnya.
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta memantu langsung penyaluran BLT dana desa di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.