Menkominfo: momentum bangkit dalam optimisme nasional baru

id menkominfo,kominfo,johnny g plate,harkitnas,hari kebangkitan nasional

Menkominfo: momentum bangkit dalam optimisme nasional baru

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan ke-112 Hari Kebangkitan Nasional 2020 di kompleks Kominfo. Upacara tersebut hanya dihadiri beberapa pejabat kementerian sambil menerapkan jarak fisik. (kominfo.go.id)

Saat ini bangsa sedang memanggil kita untuk bersatu padu untuk Bangkit dalam Optimisme Normal Baru
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini merupakan momentum untuk bangkit dalam optimisme normal baru.

"Saat ini bangsa sedang memanggil kita untuk bersatu padu untuk Bangkit dalam Optimisme Normal Baru. Kita harus membiasakan diri dengan cara hidup baru. Tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. Terbiasa menerapkan protokol kesehatan, protokol transportasi dan protokol lainnya. Meskipun ada perubahan standar dalam mekanisme kerja, belajar maupun aktivitas lainnya," kata Johnny, dalam keterangan pers, Rabu.

Ucapan tersebut keluar ketika dia menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan ke-112 Hari Kebangkitan Nasional 2020, yang diadakan secara terbatas di kompleks Kominfo.

Upacara tersebut diikuti oleh pejabat pimpinan tinggi madya (eselon I dan pimpinan tinggi pratama (eselon II) dengan menerapkan jarak fisik. Sementara itu, pegawai kementerian mengikuti upacara melalui konferensi video.

Johnny mengajak masyarakat untuk bergerak menghadapi pandemi COVID-19, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker.

"Kita semua dipanggil untuk berkolaborasi dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata dia.

Masa pandemi ini juga membuat masyarakat banyak yang beralih ke dunia digital, baik untuk mendapatkan informasi maupun bekerja. Hari Kebangkitan Nasional tahun ini juga dimaknai oleh Kominfo sebagai dorongan untuk percepatan memasuki era digital.

"Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak. Katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa," kata Johnny.

"Selalu isi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan ekonomi, secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu".

Pemerintah secara umum menerapkan tiga inti dalam kebijakan untuk menghadapi krisis kesehatan ini. Pertama, kebijakan kesehatan dengan mengobati pasien dan mengendalikan penyebaran virus corona.

Kedua, menyiapkan jaring pengaman sosial untuk masyarakat lapisan bawah agar tetap bisa mendapatkan kebutuhan pokok dan menjaga daya beli.

Kebijakan ketiga adalah menjaga dunia usaha, terutama UMKM agar bisa tetap beroperasi dan mampu menjaga penyerapan tenaga kerja.
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar