Disperindagkop Jaga Stabilitas Komoditi Strategis Jelang Pemilu

id KOMODITI

Disperindagkop Jaga Stabilitas Komoditi Strategis Jelang Pemilu

Dua orang warga memuat karung-karung beras di atas truk untuk didistribusikan kepada keluarga miskin (ANTARA)

Cuaca merupakan faktor yang paling dominan dalam menjaga kelancaran distribusi barang."
Palu (antarasulteng.com) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Sulawesi Tengah mengawasi ketat persediaan, kelancaran distribusi dan harga berbagai komoditas strategis agar tidak sampai terjadi gejolak khususnya menjelang Pemilu Legislatif 2014.

"Kami betul-betul mengawasi hal ini jangan sampai ada spekulasi. Alhamdulillah, sampai saat ini, stok semua komoditas strategis, terutama pangan, masih aman dan harganya stabil," kata Kepala Dinas Peridagkop dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulteng Abubakar Almahdali di Palu, Kamis.

Ia menegaskan bahwa pengamanan stok dan stabilitas harga komoditas strategis seperti sembilan bahan pokok (sembako) dan komoditas lainnya berupa bahan bangunan menjadi prioritas karena bila distribusi komoditas ini terganggu, maka bisa terjadi gejolak harga dan persediaan.

"Kita berupaya keras mengamankan stok, harga dan distribusi sembako serta berbagai komoditas strategis lainnya untuk menjamin stabilitas di segala segi menjelang pemilu," ujarnya.

Karena itu, kata Abubakar, ia telah memerintahkan stafnya untuk secara rutin, paling tidak sekali dalam seminggu untuk turun ke gudang-gudang distributor komoditas strategis guna mengecek stok yang dimiliki pedagang.

"Demikian juga di pasar-pasar. Pengecekan harga dan stok dilakukan lebih sering lagi dari yang lalu-lalu, jangan sampai ada yang berspekulasi menimbun stok untuk mendongkrak harga jual memanfaatkan situasi dimana kebutuhan masyarakat meningkat," ujarnya.

Di bidang distribusi, kata Abubakar, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui kondisi cuaca di seluruh Sulteng, sehingga bisa dilakukan antisipasi bila terjadi gangguan dalam kelancaran distribusi barang strategis akibat cuaca buruk.

"Cuaca merupakan faktor yang paling dominan dalam menjaga kelancaran distribusi barang. Kalau musim hujan, jalan raya di Sulteng umumnya rawan longsor dan ini sering menghambat distribusi barang antarkabupaten," ujarnya.

Abubakar Almahdali mengemukakan bahwa pihaknya telah menggelar rapat koordinasi khusus untuk membahas keamanan stok dan distribusi komoditas strategis serta kelancaran arus distribusinya yang melibatkan para Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM se-Sulteng, para distributor serta berbagai pihak terkait.

Ia juga mengemukakan bahwa dinas yang dipimpinnya akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Disperindagkop dan UMKM di Buol, Ibu Kota Kabupaten Buol, yang akan menyusun program-program strategis 2015 dan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dan akan berjalan selama 2014. (R007/Nurul)