PLN Palu: Pemadaman bergilir listrik karena ada perbaikan

id PLN

PLN Palu:  Pemadaman bergilir listrik karena  ada perbaikan

petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan untuk meningkatkan layanan pasokan listrik di Palu dan sekitarnya. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu,Sulawesi Tengah dalam dua hari terakhir ini memberlakukan pemadaman bergilir aliran listrik di sejumlah permukiman penduduk di Kota Palu dan sebagian desa di Kabupaten Sigi.

Manager PLN Area Palu,Mohammad Wardi Hadi, Sabtu membenarkan adanya pemadaman di sebagian wilayah di Ibu Kota Provinsi Sulteng maupun Kabupaten Sigi sehubungan dengan pekerjaan pemasangan relay OCR untuk OLS IBT 1 dan 2 pada gardu induk 275/150KV Pamona, Kabupaten Poso.
Pekerjaan itu, kata dia dilakukan selama dua hari Sabtu dan Minggu pekan ini.

Pihaknya terus berupaya menjaga kualitas pelayanan pasokan listrik baik kepada kalangan rumah tangga, maupun perkantoran dan industri yang ada di daerah tersebut.
Dia mengaku dalam beberapa tahun terakhir ini, permintaan penyambungan listrik, khususnya di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi mengalami peningkatan cukup tinggi.

Setelah gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang terjadi pada 28 September 2018, pihaknya, kata Wardi, cukup kewalahan memenuhi kebutuhan daya listrik di dua wilayah di Provinsi Sulteng yakni Kota Palu dan Sigi.

Terutama, kebutuhan listrik untuk hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) korban bencana alam gempa,tsunami dan likuefaksi.
Namun demikian, PLN masih bisa melayani kebutuhan listrik dimaksud.

Guna menjaga keandalan suplai listrik baik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana Poso dan juga melalui mesin Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PT PLN yang masih beroperasi saat ini,pihaknya,terus melakukan pemeliharaan, termasuk jaringan listrik PLTA yang menuju sistem kelistrikan Palu berpusat di gardu induk PLTD Sidera.

Karena itu, jika masa pemeliharan tiba, pihaknya, kata Wardi tidak bisa menunda jadwal pekerjaan pemeliharaan jaringan dan lainnya.

Pemeliharaan jaringan rutin dilakukan PLN guna menjaga kelancaran pasokan daya listrik. Selain itu tentu meningkatkan keandalan kelistrik untuk sistem kelistrikan Palu.

Sistem kelistrikan Palu juga melayani kebutuhan listrik beberapa kabupaten yang dekat dengan Kota Palu yakni Kabupaten Parigi Muotong (Parimo), Donggala dan Kabupaten Sigi.

Sekaitan dengan adanya pekerjaan pemasangan relay OCR untuk OLS IBT 1 dan 2 ( 275/150KV) gardu induk Pamona,pihaknya menyampaikan permohonan maaf bagi para pelanggan yang terdampak pekerjaan tersebut.