Wali Kota Palu terinspirasi tata kelola Kota Batu Jawa Timur

id Pemkot palu, pemkot batu, wali kota, hidayat, kota destinasi

Wali Kota Palu  terinspirasi tata kelola Kota Batu Jawa Timur

Wali Kota Palu, Hidayat (kiri) berpose dengan Wali kota Batu Dewanti Rumpoko sambil memegang cinderamata yang diberikan Pemkot Palu saat kunjungan kerja, Sabtu (22/8/2020). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Hidayat mengaku dirinya terinspirasi dengan tata kelola Kota Batu, Provinsi Jawa Timur yang dinilai sejalan dengan visi misi Pemkot Palu.

"Tata kelola pemerintahan hingga pembangunan daerah mirip seperti apa yang kita lakukan saat ini di Kota Palu," kata Hidayat saat dihubungi dari Palu, Minggu.



Wali Kota Palu Hidayat bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Kota Batu pada Sabtu (22/8). Pada kesempatan itu, rombongan Pemkot Palu dijamu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama sejumlah pejabat kota setempat.

Hidayat menilai dengan arah pembangunan kota yang berdasarkan visi misi Pemkot Palu menjadikan Palu kota jasa, beradat, berbudaya dilandasi iman dan taqwa akan diarahkan menjadi kota tujuan atau kota destinasi.

Menurutnya, dalam pengembangan ekonomi di Kota Palu tidak ada jalan lain selain di bidang jasa, sebab ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu tidak memiliki sumber daya alam cukup memadai seperti sektor pertanian, peternakan, perkebunan, maupun perikanan.

Oleh karenanya, sektor jasa diupayakan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui sektor pariwisata yang saat ini sedang gencar dipromosikan pada objek ekowisata yang berbasis lingkungan di bukit Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi.



Objek wisata tersebut telah dilengkapi sejumlah sarana dan prasarana, salah satunya landasan pacu olahraga paralayang.

"Tentunya sektor jasa menjadi alternatif dan cukup menopang pertumbuhan ekonomi Palu. Oleh karena itu, kami terus berupaya meningkatkan pengembangan sektor itu pascabencana," ungkap Hidayat.

Selain itu, katanya, ada pula objek hutan kota berlokasi di tengah kota yang juga menjadi destinasi baru.

Kepala Bagian Humas Pemkot Palu Goenawan mengemukakan kunjungan kerja Wali Kota Palu berlangsung dua hari sejak 22-23 Agustus 2020.

"Pak wali kota ingin melihat pengembangan Kota Batu, karena visi misi pemerintah kota mereka mirip dengan arah pembangunan Kota Palu," tutur Goenawan.