Donor darah di Palu ikuti protokol kesehatan

id Donor, darah, pmi

Donor darah di Palu ikuti protokol kesehatan

Aksi donor darah yang dilaksanakan oleh Sahabat Donor Darah Kota Palu, di Rumah Makan Palu Kuring, di Palu, Kamis (17/9/2020).(ANTARA/Sulapto Sali).

Setiap yang mau donor darah, sebelum masuk lokasi donor, kita periksa suhu tubuh, wajib pakai masker, dan mencuci tangan, kemudian jaga jarak
Palu (ANTARA) - Puluhan orang yang tergabung dalam Sahabat Donor Darah di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengikuti protokol kesehatan saat melaksanakan aksi donor darah.

“Setiap yang mau donor darah, sebelum masuk lokasi donor, kita periksa suhu tubuh, wajib pakai masker, dan mencuci tangan, kemudian jaga jarak,” kata Ketua Sahabat Donor Darah Kota Palu, Elisar Aryo Satmoko, disela-sela acara donor darah di Rumah Makan Palu Kuring, di Palu, Kamis.

Ia mengatakan, hari ini Sahabat donor darah Kota Palu melaksanakan donor darah untuk menyukseskan hari ulang tahun (HUT) PMI ke 75 pada 17 September 2020.

Ia menjelaskan, aksi peduli kemanusiaan ini menargetkan seratusan orang yang siap mendonorkan darahnya.

“Sekarang sudah sekitar empat puluhan kantong darah yang didapat dari pendonor dan mudahan bisa terpenuhi target kita 100 kantong darah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, aksi donor darah ini bekerja sama dengan PMI dalam rangka merayakan HUT PMI yang ke – 75 tahun 2020.

Dia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu PMI untuk menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Karena selama pandemi corona virus (COVID-19) ini, PMI kesulitan memenuhi kebutuhan darah untuk sejumlah rumah sakit, sementara  darah sangat dibutuhkan,” ujar Manajer cabang perusahaan besar farmasi di Kota Palu itu.