WVI inisiasi perluasan kemitraan peternak ayam di Palu dan Sigi

id Wvi, bantu, peternak

WVI inisiasi perluasan kemitraan peternak ayam di Palu dan Sigi

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi, Tugiran (batik) bersama PT. Japta Comfeed, PT. Medion dan Wahana Visi Indonesia, saat mengunjungi kandang percontohan peternak ayam petelur, di Desa Sunju, Kabupaten Sigi , di Sigi, Jumat (18/9/2020).(ANTARA/HO-Dok WVI).

Palu (ANTARA) - Wahana Visi Indonesia (WVI) inisiasi perluasan kemitraan untuk sejumlah kelompok peternak ayam di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
 
"Pedekatan kemitraan publik dan swasta untuk meningkatkan sumber daya manusia disektor peternakan ayam untuk terus berkembang demi kesejahteraan masyarakat," kata Sidik Lando Basana Siregar, Projeck Manager Eggciting Indonesia, Wahana Visi Indonesia, di Palu, Jumat.

Ia mengatakan alasan dilakukannya perluasan kemitraan karena kendala yang dihadapi oleh para peternak ayam komersil di Sigi dan Palu, seperti masih lemahnya praktek peternakan yang baik, kurangnya pendampingan, kesulitan mendapat tenaga kerja yang terlatih dan berpengalaman dibidang peternakan ayam. 

"Apalagi dengan terjadinya gempa dan tsumami 28 September 2018 lalu, kondisi peternak ayam semakin sulit dan mengancam keberlangsungan usaha banyak peternak di wilayah ini," katanya.

Dia mengatakan, melihatan keadaan ini WVI bersama mitra seperti Japfa Comfeed, Cargill, Medion, Universitas Tadulako dan pemerintah Kabupaten Sigi dan Palu memfasilitasi kemitraan bahkan memberi pelatihan kepada perternak ayam wilayah setempat.

Ia memaparkan, dalam pelatihan para peternak ayam dilatih tentang topik-topik yang sesuai dengan persoalan yang dihadapi para peternak ayam, seperti manajemen pullet, pakan, penyakit, biosekuriti dan penanganan telur.

"Bahkan manajemen keuangan termasuk sosialisasi kredit usaha rakyat (KUR) dan pelatihan kepada peternak ini dilakukan melalui program Eggciting Indonesia untuk membuka ruang saling belajar, membentuk kelompok dan bisa berkembang menjadi koperasi," ujarnya.

Dia mengatakan melalui pelatihan tersebut juga bisa membuka akses yang semakin besar bagi para peternak di wilayah Kota Palu maupun wilayah Kabupaten Sigi, sehingga bisa memasarkan ayam maupun telur dengan para pelaku pasar.

Ia mengatakan untuk mendukung para peternak, telah dibangun contoh kandang peternakan ayam petelur di Desa Sunju, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi dan di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu sebagai tempat belajar.

"Para mitra dan pemerintah melalui dinas terkait berkomitmen memberi dukungan bagi pengembangan kandang percontohan di Sigi maupun di Palu sebagai tempat belajar bagi para peternak ayam petelur," katanya.
 
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi, Tugiran berharap kandang percontohan tidak hanya digunakan untuk belajar, namun bisa ditingkatkan menjadi pusat pelatihan bagi peternak ayam petelur di Kabupaten Sigi.

"Shingga peternak-peternak yang baru juga dapat belajar memulai usaha peternakan dari kandang ini," katanya saat mengunjungi kandang percontohan peternak ayam petelur di Desa Sunju, Kabupaten Sigi.  
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar