IAIN Palu gelar kuliah umum melalui daring cegah COVID-19

id IAIN Palu,kuliah umum semester ganjil,semester gasal,prof sagaf pettalongi

IAIN Palu gelar kuliah umum melalui daring cegah COVID-19

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyampaikan sambutan pada kuliah umum semester ganjil/gasal secara daring, Senin (21/9/2020) ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kuliah umum semester ganjil melalui daring dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Tema ini relevan dengan kondisi adanya pandemi COVID-19, dimana masyarakat dituntut untuk meningkat kreatifitas dan inovasi agar mencari sumber belajar dengan pendekatan salah satunya teknologi," ungkap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan kuliah umum tersebut di Palu, Senin.

Kuliah umum smester ganjil atau semester gasal mengangkat tema tentang "Membangun tradisi keilmuan melalui inovasi teknologi pembelajaran pada masyarakat pembelajar".

Namun sumber-sumber pembelajaran di masa pandemi COVID-19, kata Prof Sagaf Pettalongi, harus melihat semua aspek bagi pembelajar yang mencari sumber.

Misalnya dari aspek informasi dan teknologi yang di masa pandemi COVID-19, menjadi rujukan para pembelajar untuk mencari sumber pembelajaran.

"Ini harus melihat semua aspek untuk mengembangkan sumber pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kapasitas," ujarnya.

Di masa normal baru pandemi COVID-19, kata dia, pembelajar dan seluruh komponen masyarakat dituntut untuk terus mencari bahkan harus menemukan sumber-sumber belajar yang dapat menopang pembelajaran.

"Nah ini dibutuhkan kreatifitas, inovasi dari setiap para pembelajar untuk mendapatkan sumber dalam rangka pencerdasan diri dan peningkatan kualitas," sebutnya.

IAIN Palu mengundang Sekretaris Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani sebagai pembicara utama. Kuliah umum diikuti oleh seluruh wakil-wakil rektor, dekan dan wakil dekan, tenaga administrasi dan mahasiswa strata satu, dua dan tiga.
Rektor IAIN Prof Dr H Sagaf S Pettalongi bersama para wakil rektor, kepala biro, dekan dan wakil-wakil dekan, mengikuti pembukaan kuliah umum semester ganjil/gasal secara daring, Senin (21/9/2020) ANTARA/Muhammad Hajiji