Rusdy-Ma'mun ungguli elektabilitas Hidayat-Bartho menurut survei Poltracking

id Survei elektabilitas,Survei poltracking, pilkada sulteng, cudi, hidayat-bharto

Rusdy-Ma'mun ungguli elektabilitas Hidayat-Bartho menurut survei Poltracking

Peneliti Lembaga Survei Poltracking Indonesia memberikan keterangan kepada sejumlah jurnalis menyangkut survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah. ANTARA/HO/Poltracking Indonesia

Palu (ANTARA) -
Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyatakan dari hasil survei terkait peta kekuatan elektoral calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah, pasangan Rudy Mastura-Ma'mun Amir mengungguli pasangan Mohamad Hidayat L-Bartholomeus Tandigala.
 
"Elektabilitas pasangan calon Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir berada angka 56,8 persen, unggul dari pasangan calon Mohamad Hidayat Lamakarate dan Bartholemeus Tandigala dengan presentasi 25,0 persen. Selisih 31,8 persen," kata kata Peneliti Poltracking Indonesia Faisal Arief Kamil melalui keterangan tertulisnya yang diterima, di Palu, Senin.
 
Dia menjelaskan, maksud dan tujuan survei yang dilakukan yakni mengukur tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Baca juga: Cagub Sulteng Rusdi dan Hidayat ingin jadikan pertanian sumber ekonomi
 
Survei elektabilitas itu, merupakan hasil survei ketiga yang mereka lakukan pada tanggal 20-24 Oktober lalu.
 
Dikemukakannya, survei tersebut berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara yang di masukan dalam kotak suara. 
 
"Model seperti ini mempunyai validasi jawaban yang lebih baik, dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada pewawancara survei," ujar Faisal.
 
Dia menambahkan, waktu pelaksanaan pilkada Sulteng tinggal menyisahkan satu bulan lebih, maka kandidat dan tim bekerja keras meyakinkan pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) dan pemilih yang masih mungkin berubah (swing voters) menjadi kunci kemenangan.