Dusun Manggalapi Dambakan Listrik

id listrik, pln

Dusun Manggalapi Dambakan Listrik

Listrik PLN (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Masyarakat Dusun Manggalapi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah selain membutuhkan prasana jalan memadai, juga penerangan listrik dari PT PLN di daerah itu guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Jalan sudah dibuka, tetapi masih belum diaspal," kata Roberd (54), salah seorang warga Dusun manggalapi di Palu, Selasa.

Ia mengatakan jika musim hujan badan jalan masih sulit dilalui karena berlumpur dan juga sebagian besar sungai belum ada jembatan.

Selain prasana jalan, mereka juga membutuhkan penerangan listrik PLN seperti dusun dan desa lain di Kabupaten Sigi yang telah dialiri listrik dari perusahaan itu.

Selama ini, masyarakat yang bermukim di dusun yang berbatasan dengan Desa Salumbanga, Kabupaten Parigi Moutong tersebut hanya menggunakan penerangan tradisional (lentera) untuk malam hari.

Ada juga beberapa warga yang ekonomi cukup bagus telah menggunakan genset untuk menerangi rumah pada malam hari. "Tetapi kebanyakan warga hanya memakai lentera untuk mengusir kegelapan di malam hari," katanya.

Hal senada juga disampaikan Swiet (27), salah seorang tokoh agama. Ia juga berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dapat memperhatian kepentingan rakyat yang ada di wilayah-wilayah terpencil di seluruh Nusantara, termasuk di Sulteng.

Di Sulteng hingga kini masih banyak desa, bahkan kecamatan yang hingga kini belum ada akses jalan dan juga penerangan listrik memadai.

Salah satu Dusun Manggalapi Desa Berdikari, Kecamatan Palolo. Dusun yang dihuni sekitar 200 kk itu sampai sekarang ini belum tersedia listrik.

Begitu pula jalan yang ada meski sudah bisa dilewati kendaraan, tetapi medannya masih terbilang parah. Apalagi kalau musim hujan, sama sekali tidak bisa dilewati karena banyak sungai yang belum ada jembatannya.

Keduanya berharap Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2014 bersama para menteri kabinet kerja yang juga baru dilantik pada 27 Oktober 2014 ini bisa segera melakukan tugas dengan penuh tanggungjawab.

"Kita berharap semua janji yang telah disampaikan Presiden Jokowi dan Wapres JK segera membuktikan janji yang disampaikan saat kampanye Pilpres 2014," kata kedua warga Dusun Manggalapi itu.(skd)