Pemprov Paparkan Kondisi Ekonomi Ke Konsul AS

id poso, sulteng

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah memaparkan kondisi ekonomi daerah ini di hadapan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Joaquin F Monserrate yang berkunjung ke Palu, Senin.

Asisten II Setdaprov Sulteng bidang Ekonomi dan Pembangunan Bunga Elim Somba mengatakan pembangunan ekonomi di Sulawesi Tengah dalam tujuh tahun terakhir tumbuh di atas rata-rata nasional yakni tujuh sampai sembilan persen.

Elim mengatakan tujuh tahun lalu ekonomi Sulawesi Tengah terpuruk dan mengakibatkan angka kemiskinan juga naik.

"Tiba-tiba naik ke atas sampai sembilan persen," katanya di hadapan Monserrate.

Menurut Elim, iklim investasi di Sulawesi Tengah juga semakin baik antara lain di sektor pertambangan dan galian serta jasa perhotelan.

Di Kota Palu, misalnya, setahun terakhir banyak hotel berbintang dibangun dan sebagian sudah beroperasi.

Investor, kata Elim, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga investasi asing seperti Jepang dan China.

Sedangkan itu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto mengatakan untuk mendorong percepatan pembangunan di Sulawesi Tengah pemerintah sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur khususnya jalan mengingat masih ada beberapa daerah tertentu yang masih sulit akses jalannya.

Sudarto mengatakan 2020 Sulawesi Tengah akan lebih maju sama dengan provinsi lainnya yang lebih maju di Indonesia timur dengan basis ekonomi agribisnis dan kelautan.

Sementara itu Konsul AS di Surabaya Joaquin Monserrate menyambut gembira kemajuan bidang ekonomi di Sulawesi Tengah tersebut.

Dia mengatakan Sulawesi Tengah merupakan daerah potensial yang menjadi sasaran kunjungan dan investasi dari berbagai negara khususnya di sektor pariwisata.

Ia berkunjung ke Palu untuk bertemu dengan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wali Kota Palu Rusdy Mastura dan PB Alkhairaat. (skd)