Bupati Sigi: Pencegahan COVID-19 harus jadi tanggung jawab semua pihak

id Pjs Bupati Sigi,Bupati Sigi,pemkab Sigi,pencegahan covid-19,kabupaten sigi,sisiliandy a ponulele

Bupati Sigi: Pencegahan COVID-19  harus jadi tanggung jawab semua pihak

Penjabat Sementara Bupati Sigi, Sisiliandy A Ponulele (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Penjabat sementara Bupati Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Sisiliandy A Ponulele mengemukakan penanganan dan pencegahan virus corona jenis baru (COVID-19) harus menjadi tanggung jawab semua pihak yang ada di daerah tersebut.

"Penanganan COVID-19 menjadi tugas bersama, semua pihak harus berpartisipasi dan gotong royong dalam mencegah COVID-19," ucap Sisiliandy A Ponulele di Sigi, Rabu, terkait pencegahan COVID-19.

Sisiliandy mengemukakan, semua pihak di Sigi harus disiplin menegakkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus diterapkan secara optimal dalam berbagai kesempatan dan kegiatan, dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menyebut, gerakan 3M meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak harus tetap dilaksanakan dengan baik, dan disosialisasikan terus menerus kepada masyarakat.

Ia menilai, perlu semua pihak membangun dan meningkatkan rasa optimisme, produktivitas dan semangat masyarakat di masa pandemi COVID-19, yang diikutkan dengan edukasi sehingga dapat membangun ketahanan ekonomi daerah dan masyarakat.

Pjs Bupati berharap Puskesmas dan Puskesmas pembantu (Pustu) yang ada di tingkat desa dan kecamatan se-Kabupaten Sigi, memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Puskesmas pembantu dan Puskesmas induk menjadi satu komponen pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di tingkat desa dan kecamatan," ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, selain memberikan pelayanan dan penanganan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat, Puskesmas juga perlu memberikan pemahaman tentang langkah pencegahan COVID-19.

"Pencegahan sangat penting dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pasien di tengah keterbatasan sarana pelayanan medis," ujarnya.

Pjs Bupati juga berpesan untuk tetap mengontrol pasien COVID-19 di tingkat Puskesmas sampai benar-benar pulih. Ia juga berpesan agar tenaga medis sebagai garda terdepan pencegahan COVID-19 harus selalu menjaga kesehatan.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar