KPU Sulteng kenalkan tata cara pemungutan suara kepada warga

id Simulasi pemungutan suara,Simulasi tps,Sahran raden,KPU Sulteng,Simulasi pencoblosan

KPU Sulteng  kenalkan tata cara pemungutan suara kepada warga

KPU Provinsi Sulteng menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, berlangsung di Palu, Sabtu. (ANTARA/HO-M Unggul)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengenalkan tata cara pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2020 melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan di Palu, Sabtu.

"Simulasi ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat dan pemilih berkaitan dengan tata cara pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara," ucap anggota Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sulteng Sahran Raden, di Palu, Sabtu.

Selain sebagai sosialisasi, kata Sahran, pelaksanaan simulasi juga bertujuan untuk merumuskan proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam kondisi bencana non-alam COVID-19.

Selain itu, menurut dia, juga untuk mengidentifikasi potensi masalah yang dimungkinkan muncul di TPS, serta merumuskan Iangkah penyelesaiannya.

"Jadi, kami ingin memastikan apakah ada potensi masalah yang terjadi di TPS dalam pemungutan dan penghitungan suara, serta bagaimana langkah antisipasi dari masalah itu, bila ada," kata Sahran.

Sahran yang merupakan akademisi non-aktif IAIN Palu mengemukakan, berdasarkan simulasi itu setiap pemilih yang akan masuk ke area pencoblosan diharuskan mengenakan masker, mencuci tangan, dan diukur suhu badannya.

"Kemudian saat menunggu giliran mencoblos di bilik suara, pemilih duduk dengan menjaga jarak sambil mengenakan kaus tangan yang disediakan panitia pemilihan," ujar dia.

Ia mengatakan, simulasi tersebut juga memperkenalkan kepada pemilih terhadap penerapan protokol kesehatan COVID-19, agar pemilih tidak perlu takut datang ke TPS pada 9 Desember 2020.

"Pemilih tidak perlu takut datang untuk menyalurkan hak pilih, karena proses atau mekanisme pemungutan dan penghitungan suara di TPS dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat," kata Sahran.

Ia mengatakan proses pemungutan suara di TPS dengan menggunakan protokol kesehatan sebagai upaya mitigasi risiko penyelenggara pemilu terhadap pemilih dan peserta untuk menghadirkan pemilih di TPS yang aman dan sehat.
KPU Provinsi Sulteng menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, berlangsung di Palu, Sabtu. (ANTARA/HO-M Unggul)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar