Pedagang bambu banjiri Palu jelang Natal 2020

id bambu, natal, pedagang

Pedagang bambu banjiri Palu jelang Natal 2020

Para pedagang memajang dagangan bambu ruas untuk kebutuhan membuat kuliner nasi jahe, makanan khas Natal dan Tahun Baru., di Jalan Mangas, Kota Palu, Kamis (24/12/2020). (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Para pedagang musiman bambu dalam beberapa hari menjelang Natal 25 Desember 2020 membanjiri sudut Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Pantauan di kawasan Jalan Miangas, Kecamatan Palu Selatan, Kamis, para pedagang musiman bambu tampak sibuk melayani konsumen yang membeli bambu untuk tempat masak nasi jahe, sayur dan daging.

Para pedagang yang ada di kawasan itu, mereka datang dari sejumlah desa di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Barnabas, salah seorang pedagang bambu di Kota Palu mengatakan dirinya bersama rekan pedagang lainnya dari Sigi datang khusus ke Palu untuk menjual bambu untuk tempat masakan makanan khas menjelang Natal.

"Saya bersama beberapa teman dari Desa Bunga, Kecamatan Palolo setiap menjelang Natal dan Tahun Baru menjual bambu di Kota Palu," kata dia.

Hal senada juga dikatakan Natal, salah seorang pedagang asal Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Ia juga mengatakan setiap menjelang Natal dan Tahun Baru  berjualan khusus bambu tempat masakan khas daerah itu.

Menurut kedua pedagang musiman tersebut, hasil yang diperoleh cukup lumayan.

Harga bambu yang djual pedagang tersebut cukup bervariasi sesuai peruntukannya. Misalkan untuk bambu nasi jahe, harganya sekitar Rp5.000/ruas. Sementara bambu untuk sayur/daging sekitar Rp10.000/ruas.

Nasi jahe merupakan kuliner khas umat Kristiani, dan setiap perayaan Natal dan Tahun Baru, makanan itu selalu hadir sebagai menu utama untuk menyambut para tamu.

Nasi jahe terbuat dari bahan beras pulut, santan kelapa, garam, bawang merah dan daun pandan.

Semua bahan baku itu dicampur bersama beras pulut, kemudian dimasukan dalam bambu dan dibakar selama beberapa jam sampai matang.
 
Para pedagang memajang dagangan bambu ruas untuk kebutuhan membuat kuliner nasi jahe, makanan khas Natal dan Tahun Baru,di Jalan Mangas Kota Palu, Kamis (24/12/2020).  (Foto Antara/Anas Masa).