Bupati Akui Mamuju Utara Banyak Kemajuan

id ambo

Bupati Akui Mamuju Utara Banyak Kemajuan

Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa (antaranews)

Kerja keras yang dilaksanakan selama menahkodai Mamuju Utara dalam lima tahun terakhir telah banyak kemajuan.
Mamuju,  (antarasulteng.com) - Bupati Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Agus Ambo Djiwa mengakui telah banyak kemajuan setelah memimpin daerahnya dalam rentang lima tahun terakhir.

"Kerja keras yang dilaksanakan selama menahkodai Mamuju Utara dalam lima tahun terakhir telah banyak kemajuan. Salah satu hal yang paling menonjol telah dicapai ialah angka pertumbuhan ekonomi dan termasuk pendapatan per kapita penduduk yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan," kata Agus Ambo Djiwa di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, pendapatan per kapita penduduk di Matra melonjak tajam selama empat tahun terakhir karena pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.

 "Sejak tahun 2010 atau empat tahun terakhir, pendapatan masyarakat Mamuju Utara yang berpenduduk 200 ribu jiwa melonjak tajam berkat keberhasilan pemerintah membangun ekonominya," katanya.

Agus mengatakan pendapatan masyarakat di Mamuju Utara pada 2010 mencapai Rp4 juta per bulan, namun pada 2014 meningkat menjadi Rp19 juta per bulan.

"Kesejahteraan meningkat karena masyarakat Mamuju Utara mampu mengembangkan perkebunan sawit sebagai andalan yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi Mamuju Utara," katanya.

Ia menyampaikan sektor perkebunan telah menyerap tenaga kerja begitu besar sehingga angka pengangguran di Kabupaten Mamuju Utara turun dalam kurun empat tahun terakhir.

"Angka pengangguran di Mamuju Utara pada 2010 mencapai tujuh persen dan berhasil diturunkan menjadi tiga persen di tahun 2007. Kami masih yakin, angka pengangguran ini masih bisa ditekan hingga akhir tahun 2015 ini," katanya.

Demikian pula angka pertumbuhan ekonomi di Mamuju Utara juga melambung menjadi 14 persen atau jauh diatas angka pertumbuhan ekonomi nasional mencapai tujuh persen.

Karena itu, kata dia, semua pihak harus saling bahu-membahu untuk membangun Matra menjadi tedepan dari kabupaten lain yang sejak awal telah mengalami banyak kemajuan. (skd)