PNPM-MP Sultra 2011 Tak Terserap RP35,6 M

id PNPM-MP, Sultra

PNPM-MP Sultra 2011 Tak Terserap RP35,6 M

Ilustrasi (ANTARA)

Kendari - Dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun 2011 di Sulawesi Tenggara yang tidak terserap sebesar Rp35,6 miliar.
         
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sultra, Muhammad Nasir, di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa dana PNPM-MP yang tidak terserap tersebut karena kabupaten penerima bantuan tidak menyiapkan dana pembanding atau dana sharing program itu sebesar 5 persen sampai 10 persen dari besaran dana.
         
"Memang sangat disayangkan dana sebesar itu tidak terserap untuk kegiatan pembangunan desa akibat pemda setempat telat menyiapkan dana pembanding dari APBD setempat," kata Muhammad Nasir.
         
Ia mengatakan bahwa dana PNPM-MP yang tidak terserap tersebut, yakni di Kabupaten Muna sebesar Rp28,9 miliar dan selebihnya di Kabupaten Konawe.
         
Muhammad Nasir menyebutkan secara keseluruhan dana PNPM-MP untuk Sultra 2011 sebanyak Rp308 miliar untuk penyaluran pada tahun 2002 kecamatan. Setiap kecamatan mendapatkan porsi antara Rp2 miliar dan Rp5 miliar.
         
Agar tidak terjadi hal yang sama tahun ini, dia berharap pemerintah kabupaten penerima PNPM-MP tersebut menyiapkan dana pembanding itu secepatnya di APBD masing-masing.
         
"Dana itu tidak akan dicairkan dari pusat jika tidak ada dana pembanding dari kabupaten penerima manfaat sehingga ini harus menjadi perhatian bagi 10 kabupaten penerima di Sultra," katanya. (pso-299)