Basarnas sisir Danau Towuti cari dua warga yang perahunya tebalik

id Tim, SAR, cari, dua, warga, Luwu, Timur, perahunya, tebalik, Danau, Towuti

Basarnas sisir Danau Towuti cari dua warga yang perahunya tebalik

Tim Rescue Unit Siaga SAR Sorowako bersiap berangkat menuju Danau Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan untuk memberikan bantuan SAR kepada dua orang yang dilaporkan tenggelam di dana itu, Senin (7/6/2021) dini hari. ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari

Kendari (ANTARA) - Tim pencarian dan pertolongan Basarnas Kendari melakukan pencarian dua warga Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan yang dilaporkan perahunya terbalik di Danau Towuti daerah setempat.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi melalui rilis Basarnas Kendari, Senin dini hari mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian tersebut dari Kepala Desa Loeha, Kabupaten Luwu Timur bernama Salim.

"Kami menerima informasi itu pukul 22.15 Wita dari Bapak Salim, Kepala Desa Loeha yang melaporkan bahwa pada pukul 19.00 Wita satu buah longboat dengan POB (person on board) lima orang terbalik dan tenggelam di Danau Towuti, tiga orang telah ditemukan selamat dan dua orang belum ditemukan," kata Aris.

Ia menyampaikan, hingga pihaknya menerima informasi kejadian itu, pencarian masih dilakukan oleh pihak terkait dan masyarakat setempat.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 22.30 Wita Tim Rescue Unit Siaga SAR Sorowako yang masih merupakan wilayah kerja dari Kantor Basarnas Kendari diberangkatkan bersama Tim Reaksi Cepat BPBD Luwu Timur menuju  lokasi kejadian kecelakaan untuk memberikan bantuan SAR," ujar dia.

Dikatakannya, jarak tempuh dari Unit Siaga SAR Sorowako ke Pelabuhan Tinampo sekitar 47 km, jarak tempuh di air dari Pelabuhan Tinampo menuju perkiraan lokasi kejadian sekitar 12 km.

"Kronologi kejadian, pada pukul 16.00 Wita sebuah longboat dengan POB lima orang bertolak dari Desa Mahalona menuju Desa Loeha, saat diperjalanan di Danau Towuti sekitar pukul 19.00 Wita longboat terbalik dan tenggelam," jelas Aris.