Gubernur Sumut harapkan ketakwaan umat Islam tidak kendur meski pandemi

id Tahun Baru Islam, MUI Sumut, Gubernur Sumut, pandemi COVID-19

Gubernur Sumut harapkan ketakwaan umat Islam tidak kendur meski pandemi

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di perayaan Tahun Baru Islam di MUI. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Sumut)

Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap ketakwaan umat Islam kepada Allah tidak kendur atau berkurang meski ada pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung diharapkan tidak membuat semangat umat Islam kendur dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Justru harus semakin ditingkatkan untuk terhindar dari virus corona dan kesulitan lainnya," ujarnya di Medan, Rabu.

Dia mengatakan hal itu saat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut,

Dengan meningkatkan ketakwaan, katanya, masyarakat memahami dan mewaspadai pandemi virus corona.

Dengan memahami dan mewaspadainya, katanya, maka masyarakat bisa melakukan upaya menghindar dari serangan virus, termasuk khususnya berdoa kepada Allah agar pandemi COVID-19 berlalu.

"Tahun baru (Islam, red.) harus menjadi momentum untuk semakin meningkatkan. ketakwaan kepada Allah," katanya.

Tahun Baru Islam, ujar dia, harus diikuti dengan senantiasa bersyukur kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

“Tahun Baru Islam dimaknai dengan perubahan positif oleh umatnya, meski sedang ada pandemi COVID-19," katanya.

Ia juga meminta para tokoh agama Islam terus menyosialisasikan protokol kesehatan COVID-19 kepada masyarakat sebagai bentuk ikhtiar mengantisipasi penularan virus corona tersebut.

“Dalam beberapa hadis sangat jelas digambarkan soal wabah. Saya rasa para ulama lebih paham soal itu dari saya," katanya.

Ia menyatakan harapan agar tidak lagi kehilangan, khususnya para guru/ulama, akibat COVID-19 seperti almarhum Ustadz Tengku Zulkarnain.