Gedung perawatan COVID-19 Sulbar mulai dioperasikan

id Perawatan COVID-19

Gedung perawatan COVID-19 Sulbar mulai dioperasikan

Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris. ANTARA/M. Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Gedung perawatan pasien terinfeksi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Barat sudah mulai dioperasikan untuk melayani masyarakat karena telah selesai dibangun, kata Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar Muhammad Idris.

Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris di Mamuju, Jumat, mengatakan pembangunan instalasi perawatan COVID-19 selama dua bulan dengan menempati gedung lama rumah sakit regional Sulbar di Kelurahan Simboro, Mamuju.

"Gedung tersebut merupakan pengembangan RSUD Sulbar untuk menjadi rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, gedung yang digunakan itu merupakan bekas gedung PMI dan dan gedung penitipan anak," katanya.

Menurut dia, fasilitas tersebut berstandar luar biasa karena sudah layak dioperasikan untuk melayani pasien.

"Alhamdulillah Sulbar sudah punya fasilitas penanganan COVID-19 dengan standar luar biasa, artinya ini sudah bisa dikatakan layak meskipun alat kesehatan (alkes) masih kurang untuk dilengkapi," katanya.

Selain menambah alkes untuk penanganan COVID-19, kata dia, pemprov juga melengkapi sarana dan peralatan nonalkes COVID- 19, ketersediaan obat-obatan, dan bahan habis pakai medis untuk COVID-19.

Ia menambahkan pascagempa bumi di Sulbar pada 15 Januari 2021 standar pelayanan COVID-19 di rumah sakit tidak optimal.

Oleh karena itu, lanjutnya, BNPB pusat bersama Kementerian PUPR dan Pemprov Sulbar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien dengan membangun instalasi penanganan COVID-19.