Kominfo Palu digitalisasi data perkotaan wujudkan kota cerdas

id Nathan, Kominfo, Pemkotpalu, Sulteng, pelayanan publik

Kominfo Palu  digitalisasi data perkotaan wujudkan kota cerdas

Ilustrasi- smart city. ANTARA

Palu (ANTARA) -
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palu, Sulawesi Tengah mendukung program smart city atau kota cerdas lewat digitalisasi data Kota tersebut melalui kanal resmi pemerintah agar mudah diakses oleh publik.
 
"Kominfo salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) pengampuh dari 70 kegiatan yang telah disusun tim smart city Palu," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Palu Nathan Pasongan yang dihubungi di Palu, Kamis.

Menurut dia, digitalisasi data Kota Palu penting dilakukan mengingat era saat ini lebih mengarah pada teknologi, sehingga dengan fasilitas yang ada maka dipandang perlu memanfaatkan kanal-kanal transaksi informasi elektronik (ITE) yang lebih praktis dan mudah dijangkau.

Ia menjelaskan, Kominfo sebagai salah satu OPD pengampuh dibebankan lima kegiatan, diantaranya yakni melakukan digitalisasi data Kota Palu, lalu pengembangan integrited smart system platform, program kelurahan dan kecamatan cerdas, pelaporan masyarakat serta pengembangan kebijakan dan tata kelola.

Oleh karenanya, guna mematangkan tugas dan fungsi instansi tersebut, Pemkot Palu akan melakukan pertemuan kembali dengan dewan smart city dalam rangka memberikan penguatan rasa tanggung jawab yang sudah diberikan.

Digitalisasi data, pihaknya tidak bekerja sendiri melainkan berkolaborasi lintas instansi, salah satunya Badan Pusat Statistik (BPS) , termasuk Dinas Sosial untuk publikasi data sosial.
#
Sebab, digitalisasi tersebut pada akhirnya akan merangkum data sektoral yang selanjutnya disebut Palu dalam angka.

"Ke depan data-data ini tidak hanya disimpan lewat kanal, tetapi juga dicetak dalam bentuk buku. Saat ini masih dalam proses penggodokan oleh kami dan tim," kata dia menambahkan.

Guna memperkuat tugas dan fungsi, katanya, program yang melekat pada masing-masing OPD pengampuh nanti akan disusul dengan perjanjian kerja sama dengan mitra pendukung, dan tim dewan smart city.

"Apa yang telah di programkan Pemerintah Daerah, tentunya untuk memajukan daerah ke arah lebih baik. Apalagi Palu salah satu kota yang sedang berkembang," demikian Nathan.