Pemkab Sigi bangun rumah sakit di Kulawi optimalkan layanan kesehatan

id Pemkab Sigi,RS Pratama Kulawi,Rumah sakit kulawi,Wabup Sigi,Samuel Pongi,Layanan kesehatan sigi

Pemkab Sigi bangun rumah sakit di Kulawi  optimalkan layanan kesehatan

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kulawi, Rabu (10/8/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai membangun rumah sakit pratama di wilayah Kecamatan Kulawi, untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah terpencil.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Jumat, mengemukakan keberadaan rumah sakit pratama di wilayah Kecamatan Kulawi, tidak hanya memberikan layanan kepada warga di kecamatan itu, melainkan juga kepada di Kecamatan Pipikoro, Kulawi Selatan dan Lindu.

"Iya, sehingga masyarakat di wilayah terpencil yang ada di kecamatan tersebut dapat terlayani dengan baik kebutuhan kesehatannya," ucap Samuel.

Pemerintah daerah Kabupaten Sigi, kata dia, terus berupaya mengoptimalkan layanan pemerintah kepada masyarakat termasuk masyarakat di wilayah Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu, yang merupakan wilayah terjauh dan terpencil.

Hal itu, sebut dia, dibuktikan dengan upaya pemerintah membangun fasilitas umum di wilayah - wilayah tersebut, salah satunya rumah sakit pratama di Kulawi.

"Kami telah mulai membangun rumah sakit pratama di Kulawi yang ditandai dengan peletakan batu pertama berlangsung pada hari Rabu (10/8) di lahan seluas kurang lebuh satu hektare," ungkapnya.

"Ini menunjukkan bahwa pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, sekaligus sebagai wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat," katanya.

Ia mengakui bahwa pembangunan rumah sakit pratama di Kulawi jauh sebelumnya telah direncanakan oleh Pemkab Sigi melalui Bupati Mohamad Irwan, namun baru dapat direalisasikan pada Agustus 2022.

Hal itu karena, urai dia, pembangunan rumah sakit tersebut membutuhkan proses yang panjang, salah satunya yaitu izin dan dukungan dari Kementerian Kesehatan.

"Setelah semua proses itu dilewati, maka pembangunan dimulai, dengan harapan rumah sakit ini nantinya dapat memberikan layanan prima di bidang kesehatan kepada masyarakat. Karena, keberadaan rumah sakit ini, layanannya dapat menjangkau warga di Kecamatan Lindu, Kulawi Selatan dan Pipikoro," ujarnya.

Ia menambahkan peningkatan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat menjadi satu prioritas Pemda Sigi, yang direalisasikan dengan program Sigi Masagena tentang layanan kesehatan gratis, serta satu kecamatan satu dokter.

"Oleh karena itu kami berharap semua masyarakat termasuk warga di wilayah terpencil dapat tersentuh dengan program - program ini," ungkapnya.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi saat menyampaikan keterangan kepada wartawan (ANTARA/Muhammad Hajiji)