Petugas Bandara Sis Al-Jufri Palu dilatih siap siaga hadapi bencana

id Mitigasi bencana,Bandara mutiara

Petugas Bandara Sis Al-Jufri Palu  dilatih siap siaga hadapi bencana

Kepala Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu Rudi Ricardo. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana alam melalui pelatihan kedaruratan yang diikuti oleh seluruh petugas.

 

"Pelatihan yang perdana kami lakukan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan termasuk saat terjadi bencana," jelas Kepala Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Rudi Ricardo di Palu, Rabu.

 

Rudi mengatakan pelatihan kedaruratan bencana bakal dilaksanakan secara rutin dan diikuti oleh seluruh petugas di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu.

 

"Yang paling penting dalam pelatihan tersebut adalah penguatan mitigasi bencana dan tentunya akan meningkatkan kapasitas petugas bandara juga," terangnya.

 

Pelatihan kedaruratan bencana tersebut bekerjasama dengan Basarnas Palu serta melibatkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tengah (BPBD Sulteng).

 

"Penguatan maupun mitigasi bencana dati sisi darat maupun udara, intinya petugas dijadikan siap jika terjadi bencana," sebut Rudi.


 


Selain memberikan pelatihan tersebut, pihak Bandara Mutiara Sis Al-Jufri juga bekerja sama dengan rumah sakit terdekat untuk membantu memberikan penanganan medis jika ada korban yang membutuhkan pertolongan.

 

"Begitu terjadi bencana langsung saling koordinasi dan setiap pelatihan itu kami lakukan simulasi juga sehingga petugas benar benar siap termasuk bencana lain ya pemadam kami siap," terangnya.