Pemkab Sigi-PWKI sinergi dorong perempuan sebagai agen perdamaian

id pwki,wani kristen sigi,pemkab sigi,wabup sigi,samuel pongi

Pemkab Sigi-PWKI  sinergi dorong perempuan sebagai agen perdamaian

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyampaikan sambutan pada pembinaan dan peningkatan kapasitas perempuan yang tergabung dalam PWKI Sigi. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersama Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Sigi bersinergi mendorong dan membangun kapasitas perempuan di daerah itu sebagai agen perdamaian.

"Perempuan memiliki peran strategis menyebarluaskan pesan - pesan perdamaian," ucap Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Minggu, terkait dengan pembinaan dan peningkatan kapasitas perempuan yang tergabung dalam PWKI Sigi.

Samuel mengatakan bahwa peran strategis perempuan dalam menyebarluaskan pesan perdamaian, harus dtopang dengan pembinaan dan peningkatan kapasitas yang dilakukan secara berkesinambungan.

Hal itu, kata dia, harus dilakukan dengan bersinergi antara pemerintah daerah dengan multi pihak termasuk organisasi sosial dan keagamaan.

"Maka pemerintah bersinergi dengan PWKI untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas perempuan baik secara intelektual dan keterampilan, serta pemberdayaan - pemberdayaan ekonomi," sebutnya.

Ia mengatakan lewat sinergi tersebut, maka Pemkab Sigi dan PWKI memberdayakan perempuan yang tergabung dalam PWKI melalui pendekatan agama, dengan harapan wawasan keagamaan mereka meningkat, disertai dengan peningkatan keimanan dan kerohanian, yang kemudian berdampak pada perilaku dan sikap yang humanis untuk membangun toleransi antar sesama manusia di Sigi.

"Dengan demikian peran strategis perempuan dalam menyebarluaskan pesan - pesan perdamaian akan semakin optimal, minimal di lingkungan kecil yaitu di tingkat rumah tangga dan keluarga," ucapnya.

Terkait hal itu Ketua DPC PWKI Sigi Roro Istanti mengatakan dapat menggencarkan kegiatan keagamaan seperti Sigi Religi, berkolaborasi dengan Pemda Sigi untuk meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban, serta kedamaian di Sigi.

"Jadilah penyejuk di tengah masyarakat," kata Roro Istanti.

Ia berharap wanita Kristen yang tergabung dalam PWKI Sigi menjadi pelopor pembaharuan pembangunan kapasitas dan kualitas perempuan Sigi sebagai pembawa solusi yang mencerahkan.


PWKI, kata dia, yang merupakan gabungan dari berbagai gereja, tidak hanya berperan di dalam gereja, melainkan turut andil menyikapi dan memberi solusi atas berbagai dinamika dan problematika yang muncul dalam kehidupan sosial keagamaan.

"Karena itu, DPC PWKI menjadi mitra strategis Pemkab Sigi yang dapat menopang implementasi program-program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," sebutnya.
Foto bersama pengurus PWKI Kabupaten Sigi dan peserta pembinaan dengan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)





 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022