Donggala Mulai Benahi Objek Wisata Bahari

id kasman, lassa

Donggala Mulai Benahi Objek Wisata Bahari

Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa (donggala.co.id)

...pemerintah kabupaten akan segera mendata dan menyusun konsep pengembangan serta melengkapi infastruktur objek wisata bahari yang potensial untuk dikembangkan
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mulai membenahi objek lokasi wisata bahari potensial di daerah tersebut sebagai penunjang bagi pencanangan Donggala Kota Wisata.

Bupati Kabupaten Donggala, Kasman Lassa, di Donggala, Sabtu, menyatakan Pemkab Donggala akan segera membenahi sejumlah wisata bahari potensial atau dapat menjadi destinasi wisata kabupaten tersebut.

"Iya, pemerintah kabupaten akan segera mendata dan menyusun konsep pengembangan serta melengkapi infastruktur objek wisata bahari yang potensial untuk dikembangkan," ungkap Bupati Kasman Lassa.

Ia mengatakan, SKPD terkait saat ini tengah melakukan survei lokasi-lokasi objek wisata bahari potensial di kabupaten tersebut, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pembenahan lokasi.

Di Kabupaten Donggala, urai Bupati, terdapat 48 titik lokasi potensial yang dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata serta untuk kepentingan kemajuan sektor jasa demi keterbukaan lapangan pekerjaan dan peningkatan UKM.

Namun, akui Bupati, dari 48 titik lokasi potensial wisata tersebut, kurang lebih 20 titik lokasi wisata bahari yang dianggap potensial untuk dikelola dan dikembangkan menjadi modal daerah.

Selebihnya merupakan objek wisata alam, seperti wisata mangrove, gunung dan konservasi, gua, eksotik danau, bahkan wisata situs bersejarah dan wisata buatan lainnya yang ada di daerah tersebut.

"Empat puluh depalan potensi wisata tersebut itu sudah akumulasi semua ciri dan bentuk objek-objek wisata. Nah, ini menjadi modal besar pemerintah untuk mengembangkan sektor jasa," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Donggala, tegas Bupati, akan membangun infrastruktur berupa jalan menuju lokasi wisata, penyediaan sarana prasarana penunjang wisata seperti air bersih, tempat istirahat dan penginapan serta sarana lainnya.

Pembangunan tersebut direncanakan akan dimulai setelah pencanangan Donggala sebagai kota wisata pada 31 Oktober 2016 di Anjungan Gonegati Kecamatan Banawa.