Sulteng Promosikan Agro Wisata Sebagai Destinasi

id Agro Wisata

Sulteng Promosikan Agro Wisata Sebagai Destinasi

Pengunjung objek wisata megalitikum di Lembah Besoa Kabupaten Poso, mecermati patung di situs megalitikum Pokekea. (Antara/Muhammad Hajiji)

Pemerintah Sulawesi Tengah lewat Dinas Pariwisata sedang menyususn strategi untuk mensinergikan pengembangan dan promosi wisata termasuk agrowisata
Palu, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan mengembangkan dan mempromosikan sektor pertanian meliputi agro wisata di daerah tersebut sebagai potensi destinasi, untuk peningkatan sektor jasa kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng, Hj. Siti Norma Mardjanu menyatakan di Palu, Jumat, sektor pertanian juga bermanfaat untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata potensial di daerah tersebut.

"Pemerintah Sulawesi Tengah lewat Dinas Pariwisata sedang menyususn strategi untuk mensinergikan pengembangan dan promosi wisata atau agrowisata yang ada di Sulteng," ungkap Norma Mardjanu.

Norma Mardjanu menyatakan pengembangan pariwisata yang memanfaatkan lahan pertanian perlu direncanakan lewat rencana induk pembangunan sektor pariwisata daerah tersebut.

Hal itu, sebut dia agar semua potensi wisata yang telah ditetapkan pemerintah mulai dari potensi agro wisata, kemaritiman, dan industri pariwisata dapat terarah dan bersinergi dalam pengembangannya.

Olehnya, kata dia dibutuhkan keterlibatan semua pihak unsur swasta dan pemerintah eksekutif dan legislatif secara bersama-sama menggodok rencana pembangunan pariwisata yang berkualitas dan terarah.

"Pembangunan kepariwisataan membutuhkan keterlibatan semua pihak, disertai rencana pembangunan yang ideal dan baik serta ditindak lanjuti dengan perhatian serius pemerintah daerah," ujarnya.

Terkait hal itu perwakilan Dinas Pertanian Sulteng, Gunawan, menyatakan pada seminar rencana induk pembangunan kepariwisataan Sulteng bahwa pemerintah telah menetapkan tiga kawasan sebagai agrowisata.

Tiga kawasan tersebut meliputi tiga desa yaitu agrowisata Tamarenja Kabupaten Donggala, Desa Buranga dan Manggalapi di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong sebagai potensi pertanian dan wisata.