Jumlah penumpang di Bandara Mutiara Palu meningkat di akhir tahun

id bandara mutiara, Natal, tahun Baru,bandara mutiara palu

Jumlah penumpang di Bandara Mutiara Palu meningkat di akhir tahun

Ilustrasi - Penumpang berjalan menuju pesawat dengan tujuan keberangkatan dari Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Otoritas Unit Penyelenggara Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu, Sulawesi Tengah menyebutkan jumlah penumpang pesawat udara meningkat signifikan di akhir tahun atau pada momen Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024.
 
"Sejak H-7 Natal jumlah penumpang datang 7.866 orang dengan jumlah pesawat beroperasi khusus kedatangan sekitar 66 pesawat," kata Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama UPBU Mutiara Sis-Aljufi Palu Tri Renggo Joko Wahono di Palu, Selasa.
 
Ia menjelaskan, penumpang khusus keberangkatan sebanyak 7.579 orang dengan jumlah pesawat 65 unit, lonjakan tahun ini lebih tinggi di bandingkan tahun sebelumnya hanya sekitar 6.6.623 orang dan 64 pesawat khusus kedatangan.
 
Kemudian perbandingan penumpang perangkat tahun lalu hanya berjumlah 6.499 orang dengan jumlah pesawat yang sama yakni 64 unit untuk berbagai tujuan penerbangan.
 
"Terjadinya lonjakan penumpang karena minat masyarakat menggunakan moda transportasi udara cukup tinggi, di satu sisi prokes tidak Langi menjadi syarat penerbangan bagi penumpang," ujarnya.
 
Ia mengemukakan, pada momen Natal dan Tahun Baru otoritas Bandara Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu mendapat ketambahan jadwal penerbangan oleh Maskapai Garuda.
 
Pihak bandara juga melakukan optimalisasi layanan, termasuk maskapai penerbangan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat pengguna moda transportasi udara.
 
"Optimalisasi layanan juga di cek secara langsung oleh Inspektur Penerbangan otoritas Bandar Udara di Makassar wilayah lima, mulai dari sarana dan prasarana bandara hingga maskapai dan personelnya. Pengecekan atau inspeksi sudah berlangsung sejak 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024," kata Tri.
 
Guna kelancaran penyelenggaraan penerbangan, otoritas Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu telah membentuk posko terpadu angkutan Natal dan Tahun Baru bekerja sama dengan berbagai pihak, diantarnya TNI/Polri, Basarnas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta sejumlah instansi lainnya.

Baca juga: Pertamina pastikan kebutuhan avtur di Sulawesi Tengah terpenuhi

Baca juga: Dua maskapai keluarkan jadwal terbang baru dari Bandara Mutiara Palu