Pemkot-Palu tingkatkan partisipasi masyarakat kelola lingkungan

id Pemkot Palu ,Partisipasi masyarakat ,Kota Palu ,Kelolaan lingkungan ,Sulteng

Pemkot-Palu tingkatkan partisipasi masyarakat kelola lingkungan

Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido menyampaikan sambutan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Palu Selatan tahun 2024 di Kota Palu, Sulteng, Kamis (15/2/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan peningkatan ketangguhan daerah.
 
Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido di Palu, Kamis, mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Palu Selatan merupakan satu upaya yang bertujuan untuk menampung dan menyepakati sejumlah usulan dari tingkat kelurahan terkait pengelolaan lingkungan.

Musyawarah itu juga dirangkaikan dengan pelaksanaan rembuk stunting  tahun 2024 yang juga melibatkan sejumlah kepala puskesmas yang ada di wilayah setempat.
 
"Jadi diharapkan supaya hari ini, kalau misalnya ada 100 usulan, mohon untuk mungkin ada skala-skala prioritas. Selanjutnya, camat yang akan menginput kembali usulan-usulan itu bersama seluruh jajarannya," kata Reny.
 
Menurut wakil wali kota, musrenbang yang melibatkan masyarakat ini sangat penting dilaksanakan karena Pemerintah Kota Palu menginginkan usulan dari seluruh pihak hingga mulai dari tingkat kelurahan.
 
Kegiatan itu untuk menghasilkan dan menyepakati sejumlah usulan dalam upaya meningkatkan pengelolaan lingkungan, ketangguhan Kota Palu dan juga penanggulangan stunting.
 
Karena itu, dia meminta apabila dalam kesempatan itu seluruh usulan kemudian tidak semuanya disepakati, masyarakat agar tidak berkecil hati karena semua tergantung dari batas kemampuan keuangan daerah.
 
"Apabila misalnya dari 100 usulan hanya disetujui 10 - 20 usulan, jangan kecil hati karena semua tergantung dari batas kemampuan keuangan daerah," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Reny A. Lamadjido juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran di tingkat kecamatan hingga kelurahan dan seluruh masyarakat Kota Palu yang telah menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 pada Rabu (14/2).