Wali Kota Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan

id hidayat

WALI KOTA BAGI-BAGI TONG SAMPAH Wali Kota Palu, Hidayat membagi-bagikan tong sampah di jalan raya kepada pengguna mobil di bilangan Jalan Raden Saleh Palu, Kamis sore, untuk mendukung Gerakan Gali Gasa. Wali Kota berharap gerakan ini dapat membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat Palu dalam hidup

Palu, (antarasulteng.com) - Wali Kota Palu Hidayat mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk membersihkan lingkungan rumah masing-masing dari sampah demi menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan.

"Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya pemerintah," katanya di Palu, Selasa.

Wali Kota Hidayat menegaskan bahwa setiap kepala keluarga wajib membersihkan drainase di depan rumahnya.

Bahkan, katanya, setiap keluarga harus menanam satu pohon di depan rumahnya.

"Jangan menyuruh orang atau menyewa orang membersihkan halaman dan drainase yang ada di depan rumah. Harus bersihkan sendiri," katanya.

Ia mengatakan saat ini setiap keluarga telah dibentuk Satuan Tugas Kebersihan, Keamanan, Kenyamanan, Keindahan, dan Ketertiban (K5).

Satgas K5 yang disahkan itu, antara lain terdiri atas tokoh masyarakat, agama, pemuda, perempuan, dan adat.

"Tokoh-tokoh inilah yang berperan untuk memaksimalkan implementasi K5 tersebut. Karena itu Satgas K5 menggerakkan masyarakat adalah tugas utama," ujarnya.

Ia optimistis bahwa bila Satgas K5 berjalan optimal maka masalah kebersihan lingkungan dari sampah di Kota Palu akan teratasi.

Ia mengatakan bahwa Satgas K5 menggerakkan masyarakat untuk mengembalikan budaya "Kaili", gotong royong. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar