Gubernur Luncurkan Kartu Petani Sejahtera Di Banggai

id kartu

Gubernur Luncurkan Kartu Petani Sejahtera Di Banggai

GUBERNUR LUNCURKAN KARTU PETANI SEJAHTERA Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola didampingi Bupati dan Wakil Bupati Banggai Erwin Yatim/Mustar Labolo saat meluncurkan Kartu Petani Sejahtera (KPS) kepada 3.132 petani di Kabupaten Banggai, bertepatan dengan hari jadi ke-57 tahun Banggai, Sabtu.(Fot

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola akhirnya meluncurkan kartu petani sejahtera (KPS) untuk pertama kalinya di Kabupaten Banggai yang dirangkaikan dengan hari ulang tahun (HUT) kabupaten itu, Sabtu (8/10).

Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng Ridwan Mumu dalam rilisnya yang dikutip di Palu, Selasa, menyebutkan kartu itu merupakan target gubernur dalam program unggulan pemerintahnya periode 2016-2021.

"Gubernur telah memberikan perintah kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk segera belajar ke Provinsi Jawa Tengah," ungkap Ridwan.

Dalam proses itu gubernur didampingi sejumlah pejabat provinsi antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Elim Somba, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tri Iriani Lamakampali, Bupati dan Wakil Bupati Banggai Herwin Yatim/Mustar Labolo serta Karo Humas dan Protokoler Ridwan Mumu.

Selain itu, gubernur juga berharap program KPS itu dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Sulteng karena program itu juga merupakan janji kampanye pada periode 2016-2021.

Program KPS juga diadopsi Pemerintah Kabupaten Banggai oleh bupati dan wakil bupati Herwin Yatim/Mustar Labolo.

Hal itu dikatakan Kadis Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Banggai Maryam Salad yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada gubernur karena telah meluncurkan kartu petani sejahtera di wilayahnya.

"KPS merupakkan inisiatif dan sudah menjadi janji politik bupati dan wakil bupati banggai pada waktu kampanye beberapa waktu lalu, dan program ini sudah masuk dalam RPJMD Banggai 2016 -2021," ungkapnya.

Maryam menjelaskan kartu yang dicetak dan diserahkan sebanyak 3.132 buah, dari rencana sebanyak 49.225 petani Kabupaten Banggai. KPS juga merupakan data base yang menjadi dasar kebijakan pemerintah di bidang pertanian.

"Tahun ini kartu ini sudah dapat diralisasikan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesi (BNI)," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Banggai Herwin Yatim bahwa kedepannya KPS akan diintegrasikan dengan program asuransi petani dan program itu akan masuk dalam APBD tahun 2018. (skd)