Stok Pangan Jelang Natal Di Palu Memadai

id pangan

ilustrasi (antara)

Palu,  (antaranews.com) - Ketersediaan pangan khususnya bahan pokok untuk kebutuhan hari raya Natal dan Tahun Baru 2018 di Kota Palu memadai sehingga masyarakat tidak perlu kuatir akan terjadinya kelangkaan barang.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Palu, Tamin Tombolotutu di Palu, Rabu mengatakan ketersediaan stok pangan itu cukup hingga awal tahun 2018 mendatang, apalagi menjelang hari raya Natal.

Pada perayaan Natal tersebut diprediksi tingkat kosumsi masyarakat akan bahan pokok meningkat dari hari biasanya.

"Kota Palu terjadi deflasi sekitar 0,41 persen, sehingga stok pangan dipastikan cukup dan aman hingga tahun baru nanti," kata Tamin.

Meski demikian kata dia, terjadi lonjakan pada salah satu komoditi, namun hal itu tidak mempengaruhi stabilitas pangan di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini.

"Kenaikan harga itu tidak berpengaruh, semua kebutuhan bahan pokok stabil. Apalagi sejumlah bahan pokok lainnnya seperti beras, gula pasir, daging sudah diatur sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) oleh pemerintah. Jadi semua itu terpenuhi," jelasnya.

Dengan stabil dan terpenuhinya stok pangan di kota itu, tentu daya beli masyarakat akan semakin bertambah khususya terhadap bahan-bahan pokok.

Natal dan Tahun Baru kata dia, daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat cukup meningkat karena kebutuhan akan bahan pokok oleh masyarakat memicu pergerakan pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Tahun ini ketersediaan dan stok pangan kita cukup baik, olehnya kami harap stabilitas pangan ini berlanjut hinga tahun depan," ujarnya. (skd)
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar