Tiga pasang cabup/cawabup Donggala deklarasi kampanye damai

id donggala,pilkada

Tiga pasang cabup/cawabup  Donggala deklarasi kampanye damai

Deklarasi kampanye damai pilkada Kabupaten Donggala (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Donggala,  (Antaranews Sulteng) - Tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada pemilihan kepala daerah serentak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mengikuti deklarasi kampanye damai di Anjungan Donggala, di Banawa, Minggu.

Tiga pasangan calon tersebut ialah pasangan nomor urut 1 dr Anita Bugiswati/Abdul Rahman, pasangan nomor 2 Kasman Lassa/M Yasin dan nomor urut 3 Vera Elena Laruni/Taufik Burhan.

Pendukung mereka hadir dengan membawa alat peraga kampanye, serta simbol-simbol tertentu sambil menyampaikan yel-yel dan dukungan terhadap kandidat yang mereka idolakan.

"Kampanye damai telah berlangsung sejak tanggal 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018," kata Ketua KPU Donggala Mohammad Saleh saat menyampaikan sambutan pada deklarasi kampanye damai pilkada tersebut.

Kehadiran pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Donggala tidak berdampak negatif terhadap pelaksanaan deklarasi tersebut.

Bahkan sebaliknya kehadiran pendukung pasangan calon turut serta menambah kemeriahaan acara. Mereka mengikuti komitmen bersama yang tertuang dalam tujuh poin penting deklarasi kampanye damai.

Para pendukung juga mengikuti pawai kampanye damai pilkada Donggala, mengelilingi Donggala kota usai deklarasi kampanye damai dari anjungan.

KPU kata Mohammad Saleh, menyambut baik kehadiran pendukung dari tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, dikarenakan kampanye damai merupakan salah satu tahapan dan proses sekaligus pendidikan demokrasi kepada masyarakat, yang harus diikuti dan diketahui oleh masyarakat.

Baca juga: Cabup-Cawabup Donggala sepakat wujudkan pilkada damai

Kata Mohammad Saleh, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018 tim pasangan calon akan turun melakukan kampanye di 167 desa dari 16 kecamatan se-Kabupaten Donggala.

Karena itu, sebut Saleh, kemungkinan terdapat beberapa desa dan kecamatan yang tidak sempat dijangkau oleh pasangan calon karena keterbatasan waktu.

"Olehnya tim pasangan calon harus menyusun jadwal dan agenda kampanye, kemudian diserahkan kepada KPU, Panwaslu dan pihak kepolisian agar mudah di kontrol," kata Saleh.

Pasangan cabup/cawabup nomor urut 1 dr Anita Bugiswati/Abdul Rahman dan nomor urut 3 Vera Elena Laruni/Taufik Burhan, hadir lebih cepat di lokasi kegiatan ketimbang pasangan nomor urut 2 Kasman Lassa/M Yasin.

Kasman Lassa merupakan Bupati Donggala yang mencalonkan kembali pada pilkada 2018.

Pasangan cabup/cawabup nomor urut 1 dr Anita Bugiswati/Abdul Rahman tampak kompak dengan seragam kemeja berwarna cream bermotif bunga biru dan kuning.

Pasangan nomor 2 Kasman Lassa/M Yasin mengenakan batik bomba berwarna merah dengan topi koboi.

Sementara nomor urut 3 Vera Elena Laruni/Taufik Burhan berseragam kemeja putih polos dengan bordir lambang partai pengusung.