Survei: 68,6 persen publik puas kinerja Jokowi

id jokowi

Survei: 68,6 persen publik puas kinerja Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (ANTARA /Yudhi Mahatma )

Dari evaluasi kinerja pemerintahan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 68,6 persen, sedangkan yang kurang atau tidak puas 29,4 persen
Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Hasil survei lembaga kajian Indo Barometer menyebutkan, 68,6 persen publik puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo secara personal selama 3,5 tahun terakhir.

"Dari evaluasi kinerja pemerintahan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 68,6 persen, sedangkan yang kurang atau tidak puas 29,4 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam rilis Survei Nasional Evaluasi 3,5 Tahun Joko Widodo-Jusuf Kalla: Quo Vadis Nawacita di Jakarta, Selasa.

Dalam survei tersebut tingkat kepuasan publik dibagi antara Jokowi dan Jusuf Kalla secara personal. Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden tercatat sebesar 61,2 persen dan yang kurang atau tidak puas sebesar 34,8 persen.

Secara umum, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK secara keseluruhan sebesar 65,1 persen dengan persentase publik yang tidak puas sebesar  32 persen.

Survei ini dilakukan di 34 provinsi di Indonesia pada 15-22 April 2018 dengan melibatkan 1.200 responden yang berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan, dengan margin of error sebesar plus minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.