Sulteng laksanakan pasar murah sambut hari Waisak

id pasar murah

Sulteng laksanakan pasar murah sambut hari Waisak

Dokumentasi, Warga berbelanja di salah satu stan pasar murah yang digelar di Palu, Selasa (23/5). Pasar murah selama dua hari itu untuk membantu masyarakat mendapatkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasar, sekaligus menstabilisasi harga sembako menjelang Ramadan 2017. (FOTO:ANTARASulteng/Mohamad Hamzah/A055)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Sulawesi Tengah akan melaksanakan pasar murah dalam rangka menyambut hari raya Waisak 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng Arief Latjuba di Palu, Rabu mengatakan kegiatan itu akan berlangsung dua hari (25-26 Mei) 2018.

Lokasinya pasar murah Waisak, kata dia dipusatkan di lapangan Jalan Karajalembah, Kecamatan Palu Selatan.

Sebelumnya, kata Arief juga digelar pasar murah dalam rangka ramadhan.

Menjelang lebaran, Pemprov Sulteng akan kembali lagi menggelar pasar murah yang sama untuk memberikan kesempatan kepada warga membeli berbagai keperluan hari raya.

Dia mengemukakan kegiatan tersebut rutin dilakukan Pemprov Sulteng setiap kali menghadapi hari-hari besar keagamaan di daerah itu.

Dalam setiap melaksanakan pasar murah, kata Arief tetap melibatkan distributor, IKM, UKM, BUMN dan dinas terkait lainnya.

Pasar murah tidak hanya menjual berbagai bahan kebutuhan pokok, tetapi juga keperluan lainnya, termasuk elpiji subsidi dan nonsubsidi.

Elpiji dijual oleh pihak Pertamina dengan harga sesuai HET untuk elpiji subsidi dan nonsubsidi harga penjualan agen.

Khusus untuk harga elpiji subsidi 3kg HETnya Rp16.000/tabung.

Sejumlah agen/distributor menyatakan siap membantu pemerintah menggelar pasar murah.

"Kami tetap ikut menyediakan dan menjual beberapa kebutuhan masyarakat di pasar murah," kata Jemmy Hosan, pimpinan CV Garindo Palu, salah satu distributor gula dan tepung terigu.

Hal senada juga disampaikan Kepala Perum Bulog Sulteng, Khozin. Ia juga mengatakan setiap kali pasar murah, perusahaanya ikut menjual beberapa bahan kebutuhan pokok.