Polairud Tojo Unauna gencar patroli laut

id touna,polairud,patroli,polres

Polairud Tojo Unauna gencar patroli laut

Kasat Polairud Polres Tojo Unauna Iptu Recky PH Moniung SH dan istri (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Touna kini gencar melaksanakan patroli guna memastikan wilayah laut Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dalam keadaan aman menjelang Lebaran 2018.

Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena melalui Kasat Polairud Iptu Recky PH Moniung SH, mengatakan patroli dilakukan pihaknya untuk memastikan wilayah laut Touna aman dari aksi-aksi tindak kejahatan di perairan.

"Patroli yang kami lakukan jelas tujuannya untuk memastikan keamanan, juga memberi rasa aman bagi masyarakat khususnya mereka yang mencari nafkah di laut,? kata Recky yang dihubungi dari Palu, Sabtu.

Ia jelaskan bahwa patroli itu disamping memastikan keamanan laut, juga menjamin kelancaran setiap transportasi laut di wilayah Kabupaten Touna, khususnya wilayah Kepulauan Togean yang dikenal sebagai daerah wisata alam bahari yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara untuk menyelam.

"Kami juga harus memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan laut dan alat kelengkapannya. Karena itu semua untuk kepentingan masyarakat yang mengunakan alat transportasi laut,? jelasnya.

Mantan Kasat Binmas Polres Touna ini mengatakan patroli di laut hampir sama dengan tugas Satlantas di darat yang memastikan kelancaran transportasi laut dan keamanan laut.

"Maka kami juga harus memastikan juga kelengkapan surat-surat, alat dan kelayakan transportasi laut," ujarnya.

Di sisi lain, kata mantan Kapolsek Ulubongka ini, gencarnya patroli dilakukan pihaknya untuk memberi rasa aman kepada masyarakat dan supaya dekat dengan masyarakat.

"Belum lama ini ada masyarakat yang menyerahkan penemuan amunisi kepada kami. Mereka temukan di laut. Nah ini membuktikan kami dengan masyarakat sangat dekat," ujarnya.

Kabupaten Touna ini, kata Recky, wilayah lautnya cukup luas yang terhubung langsung dengan laut perbatasan Gorontalo dan beberapa daerah tetangga. Wilayah kepulauan disana banyak dikunjungi pendatang dari Gorontalo dan juga para turis dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

"Itulah patroli rutin dilakukan untuk memastikan keamanan saja. Disamping kami melakukan patroli dari pemda dan pihak terkait juga sering melakukan patroli dan kita selalu berkoordinasi,? tandasnya.