Relawan Teman Jokowi dideklarasikan di sulteng

id relawan, teman, Jokowi, Sulteng

Relawan Teman Jokowi dideklarasikan di sulteng

Suasana deklarasi relawan Teman Jokowi di Sulteng, yang dipusatkan di areal Pasar Inpres Manonda, Kota Palu, Jumat (27/7). (www.sulteng.antaranews.com/Fauzi Lamboka)

Palu (Antaranews Sulteng)- Relawan Teman Jokowi yang merupakan salah satu elemen pemenangan pada Pilpres 2019, secara resmi dideklarasikan pembentukannya di Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat petang.

Deklarasi yang dihadiri para relawan, pengunjung serta masyarakat sekitar Pasar Inpres Manonda Kota Palu, juga dihadiri Ketua Umum dan Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat Teman Jokowi, Andre Opa Sumual dan Budi Ace.

Deklarasi ditandai dengan pembacaan naskah deklarasi oleh ketua tim kerja Teman Jokowi Sulteng Erick Tamalagi.

Erik mengatakan selama lima tahun kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat di bawah Pemerintakan Presiden Joko Widodo, kekuasan negara tidak lagi menjadi alat yang memasung dan menghambat kemajuan partisipasi rakyat.

"Hak-hak dasar partisipasi rakyat untuk berpolitik telah mendapatkan ruang ekpresinya masing-masing," jelas Erick.

Namun, kata dia, keberhasilan pembangunan di bawah Pemerintahan Joko Widodo selama satu periode, mendapat tantangan dan hambatan yang mengancam kesatuan dan persatuan bangsa dalam Bhineka Tunggal Ika.

Deklarasi Relawan Teman Jokowi menyatakan tiga poin penting yakni mendeklarasikan berdirinya simpul relawan Teman Jokowi di Sulteng, mendukung dan memperjuangkan sekuat tenaga Joko Widodo untuk memenangkan kembali Pilpres 2019, serta mengajak seluruh masyarakat Sulteng untuk menyatukan kekuatan dalam barisan Teman Jokowi Sulteng.

Pemilihan tempat deklarasi di ruang publik, yakni Pasar Inpres Manonda Palu, sebagai penegasan jika Teman Jokowi bukanlah relawan yang eksklusif.

"Kalau selama ini deklarasi dilakukan di kafe atau ruangan tertutup, kesannya agak eksklusif, hanya orang-orang tertentu yang mau hadir. Kalau diruang publik, kan semua bisa hadir dan berpartisipasi," kata Erick.