Kereta Bawa Barang Berancur Tergelincir Di AS

id kereta, tergelincir. as

Kereta Bawa Barang Berancur Tergelincir Di AS

Washington  - Satu jembatan ambruk di Negara Bagian New Jersey, AS, Jumat pagi waktu setempat, membuat tergelincir kereta dengan muatan bahan kimia beracun dan sudah terjadi tumpahan, kata Penjaga Pantai AS.

Sekitar pukul 07.30 waktu setempat, Penjaga Pantai AS dan pemerintah lokal menerima laporan mengenai kereta tergelincir di East Jefferson Street Railroad Bridge di atas Mantua Creek, bagian selatan Negara Bagian New Jersey.

Tujuh gerbong dilaporkan telah keluar rel dan tiga dilaporkan berada di air, kata Penjaga Pantai AS.

Tak ada laporan mengenai korban cedera, kata Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu pagi. Namun sebanyak 18 orang dilaporkan mengalami kesulitan bernafas, kata Gloucester Country Times.

Pemerintah menilai bahan apa yang telah tumpah dari gerbong barang yang rusak, kata Penjaga Pantai AS. Ditambahkannya, barang tersebut mulanya dilaporkan sebagai Vinyl Chloride dan bahan lain industri.

Satu tim peneliti barang berbahaya berada di lokasi kejadian, kata koordinator penanganan keadaan darurat setempat kepada TV WPVI, yang berafiliasi kepada CNN. Penduduk setempat juga memberitahu WPVI mereka mencium aroma di daerah itu dan diberitahu agar tetap berada di dalam rumah.

Pemerintah lokal telah mengungsikan warga di daerah dalam radius sekitar 0,8 kilometer dari lokasi kecelakaan dan menetapkan zona aman sekitar 1,6 kilometer saluran air ke utara dan selatan jembatan yang ambruk tersebut.

Vinyl Chloride --zat karsinogenik, mudah terbakar dan sangat beracun-- adalah bahan penting bagi industri dan digunakan untuk membuat produk plastik serta vinyl. Terpajan pada zat itu dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat, menimbulkan pusing, ngantuk dan sakit kapal, kata Badan Perlindungan Lingkungan Hidup.(ANTARA/Xinhua-OANA)