Tak ada laporan kerusakan dan korban pascagempa Banggai

id gempa banggai,basarnas

Tak ada laporan kerusakan dan korban pascagempa Banggai

Situasi panik warga Kota Luwuk saat berupaya menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang tinggi, Jumat (12/4) malam. (Antaranews Sulteng/Stevan Pontoh)

Palu (ANTARA) - Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Basrano mengatakan dari pantauan Basarnas dan informaai resmi yang mereka terima, situasi di Kabupaten Bangai Kepulauan, Banggai dan Morowali hingga kini tetap aman dan warga telah diungsikan di wilayah pegunungan.

"Situasi di Kabupaten Morowali terjadi pemadaman listrik, BPBD setempat telah mendirikan tenda darurat," ungkap Basrano yang dihubungi di Palu, Jumat malam.

Dia menghimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik.

Ia juga menyebutkan bahwa hingga malam ini belum ada informaai resmi mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa tersebut.

Gempa bermagnitudo 6,9 skala Richter mengguncang wilayah Banggai, pada Jumat sekitar pukul 19.40 WITA dengan pusat gempa 85 kilometer Banggai Kepulauan pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut BMKG, gempa itu dirasakan di Kabupaten Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu dengan kekuatan getaran IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar dan Kep. Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe II MMI