KKP Bangun 1.000 Stasiun Solar Nelayan

id solar, nelayan

 KKP Bangun 1.000 Stasiun Solar Nelayan

(ANTARANews/Basri Marzuki)

Bandarlampung (antarasulteng.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan segera membangun 1.000 stasiun pengisian solar untuk nelayan di sentra-sentra perikanan di Tanah Air.

"Kami akan bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan PT Pertamina untuk memfasilitasi pembangunan SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) tersebut," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo, pada HUT ke-40 Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, di Lempasing Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan hingga saat ini KKP telah memfasilitasi pembangunan 291 unit SPDN di seluruh Indonesia. Pada tahun anggaran 2012-2013 telah merampungkan pembangunan 48 unit SPDN guna meningkatkan ketersediaan bahan bakar minyak bersubsidi bagi nelayan.

Jumlah itu, menurutnya, masih relatif kecil jika dibandingkan dengan luas laut. Minimal Indonesia memiliki 808 unit SPDN sesuai dengan jumlah pelabuhan perikanan yang tesebar di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil di Tanah Air.

"SPDN memang harus terus ditambah karena tanpa ketersediaan SPDN, nelayan kecil terpaksa membeli solar dengan harga 30 persen lebih mahal, bahkan hingga 300 persen lebih mahal dari harga bahan bakar minyak bersubsidi," jelasnya.