39.675 Pelajar Bersaing Masuk UI

id UI, pelajar, mahasiswa

Mahasiswa UI (FOTO ANTARA/Wildan Anjarbakti)

Depok (antarasulteng.com) - Universitas Indonesia (UI) kembali menyelenggarakan Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau Simak UI 2013 pada Minggu hingga Senin (1/7), yang diikuti oleh 39.675 calon mahasiswa. 

"Program studi yang paling diminati di Sarjana Reguler adalah kedokteran dengan 5.734 peminat," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Farida Haryoko, di Depok, Minggu.

"Adapun pada program S2 yang paling diminati adalah program studi Magister Manajemen dengan jumlah peminat 504 peserta," tambahnya.

Farida menjelaskan Simak UI 2013 mencakup seleksi masuk seluruh program pendidikan di UI yang terdiri atas vokasi, sarjana reguler, sarjana paralel, sarjana kelas internasional, program profesi dan spesialis serta program doktor. 

Simak UI 2013 dilaksanakan secara serentak di 17 kota yakni Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, dan Cirebon.

Sebelumnya UI juga sudah menggelar Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 Panitia Lokal (Panlok) Jakarta yang diikuti oleh 44.165 peserta dari bidang IPA, IPS, dan campuran.

Tahun ini UI menerima 4.600 mahasiswa baru melalui beberapa jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN yang diselenggarakan secara nasional serta Simak UI yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. 

Menurut Farida, UI akan menerima 2.300 mahasiswa dari jalur SMPTN, 1.380 mahasiswa dari jalur SBMPTN dan 920 dari Simak UI.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar