Bupati Poso ajak warganya kerjasama dukung Poso raih adipura

id poso-adipura

Bupati Poso ajak warganya kerjasama dukung Poso raih adipura

Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyerahkan penghargaan kepada ketua RT/RW/LPM usai pertemuan bersama masyarakat di Kantor Camat Poso Kota, Senin (2/3). (Foto: Humas Pemkab Poso).

“Tentunya kita menginginkan bersama adanya perubahan yang lebih baik, serta dikenalnya Kota Poso sebagai kota yang indah, menarik serta aman untuk dikunjungi
Poso (ANTARA) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengajak seluruh komponen masyarakatnya agar saling bahu membahu bekerja sama dalam mendukung program Poso Kota meraih Adipura.

“Tentunya kita menginginkan bersama adanya perubahan yang lebih baik, serta dikenalnya Kota Poso sebagai kota yang indah, menarik serta aman untuk dikunjungi," kata Darmin pada pertemuan bersama masyarakat di Kantor Camat Poso Kota, Senin (2/3).

Pertemuan itu juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada ketua LPM, RT/RW se - Kecamatan Poso Kota Bersatu. 

Pada kesempatan itu Bupati Darmin mengajak semua pihak agar mempersiapkan diri, menata serta membersihkan lingkungan sekitar, sehingga tidak saja meraih penghargaan melainkan juga kesehatan lingkungan yang berkualitas.

Selain memberikan dorongan semangat kepada masyarakat Bupati Poso juga menyampaikan beberapa hasil pertemuannya dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hasil koordinasi tersebut, kata Darmin, tim penilai akan kembali turun ke daerah untuk menilai apakah benar Kota Poso sudah siap menerima penghargaan Adipura atau belum.

Ia juga menyampaikan untuk mendukung program tersebut dan demi kemajuan bersama diperlukan adanya inovasi serta konsistensi, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan.

Terkait inovasi menata Kota Poso, ia mengatakan sejatinya pemerintah daerah telah memberikan sentuhan baru dalam menata dan memperbaiki wajah Kota Poso, melalui penyediaan ruang terbuka hijau (RTH), tempat prose akhir (TPA) sampah, maupun program “Sampapitu” yang dapat mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat melalui penukaran sampah pilahan dengan uang.

Darmin mengatakan banyak kriteria penilaian dalam penghargaan tersebut, sehingga tidak saja terkait masalah kebersihan, namun juga kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dan merawat lingkungan.

Karena itu, lanjut dia, penilaian terhadap sebuah kota yang layak mendapatkan Piala Adipura juga ditentukan dengan adanya tingkat kesadaran masyarakat yang tidak hanya membebankan kebersihan dan keindahan kota kepada pemerintah.

Bupati Posos berharap pada pertemuan para ketua RT/RW, LPM dan tokoh masyarakat itu mampu menjadi corong dan memberi pengaruh yang positif bagi masyarakat dalam memberikan contoh teladan untuk membersihkan serta menata lingkungannya secara sehat.

Karena itulah kata Bupati, Pemkab Poso telah membuat program Jumpa Berlian (Jumat pagi bersihkan lingkungan). Namun kata dia, itu tidak cukup. 

Pada pertemuan itu, bupati Darmin menerima saran masyarakat yang menginginkan adanya mobil sampah yang rutin mengangkut sampah pagi hari di bak-bak penampungan sekitar rumah warga.

Menyahuti hal tersebut, bupati langsung menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup agar langsung menindaklanjutinya.